Hardiknas Momen Kab.Wajo Canangkan Program Budaya Baca “Baruga Tomacca,”

oleh -1,040 kali dibaca

Wajo,isknews.com – Kabupaten Wajo menjadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional sebagai pencanangan program budaya baca di daerah tersebut.Programnya diberikan tag “BarugaTomacca,” baruga berarti taman dan tomacca orang-orang pintar.

Program tersebut menandakan keinginan pemerintah Kabupaten Wajo terutama kepala dinas pendidikan, menjadikan Wajo sebagai kabupaten literasi. Peringatan hari pendidikan itu sendiri diselenggarakan di lapangan Merdeka Wajo yang dihadiri oleh ribuan peserta dari jajaran pemerintahan, DPRD, dan perwakilan – perwakilan siswa dari setiap sekolah di Wajo.

Pencanangan program budaya baca tersebut salahsatunya ditandai dengan hibah buku bacaan berjenjang dari USAID PRIORITAS. Hibah secara simbolis diberikan Koordinator Provinsi USAID PRIORITAS Jamaruddin kepada Bupati Wajo, Burhanuddin Unru. Wajo mendapatkan hibah buku bacaan berjenjang sebanyak 91.200 buku (2 Mei 2016)

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Wajo, Jasman Juanda menyatakan bahwa program budaya baca akan diawali dengan mendengungkan secara lebih intensif tagline gerakan budaya baca “BarugaTomaca”. “Sesuai dengan Permendiknas, maka yang akan kita lakukan secara lebih tegas adalah mewajibkan sekolah melakukan 15 menit membaca sebelum pembelajaran,” ujarnya.

Dia juga mengatakan Bappeda sangat mendukung gerakan budaya bacaini.“Salah satunya lewat penerbitan buku,” katanya.Salah satu buku yang sudah diterbitkan adalah kamus Bahasa Bugis.“Kamu sini sangat penting agar kita semua tidak lupa akan Bahasa daerah kita,” ujarnya.

Pada acara itu bupati juga memberikan penghargaan khusus kepada Muh.Isrul siswa kelas 8 SMP 4 Tanasitolo yang menjadi juara I nasional Lomba Menulis Cerpen. “Sudah saatnya menulis cerita mendapatkan penghargaan yang tinggi sebagaimana di luar negeri,” ujar Andi Irmahaerani, koordinator USAID PRIORITAS untuk daerahWajo.

Dalam pidato Menteri Pendidikan yang dibacakan oleh Bupati Wajo, kualitas literasi menjadi salah satu tujuan pembangunan dalam bidang pendidikan selain kualitas karakter dan kompetensi.Menteri berharap masyarakat mengembangkan literasi baca dan hitung, teknologi, budaya dan sains.(Mr)

 

Best Wishes (Doa Terbaik)

Mustajib

USAID PRIORITAS – Provincial Communication Specialist – South Sulawesi

Jl. Salemba Barat (Rutan Raya) No. 75-77 Gunungsari – Makassar 90222 Tlp: +62411-885595, Fax: +62411-886898 . Phone: 0811 4600 499,

Email: mustajib@prioritas.or.id Website: www.prioritaspendidikan.org

KOMENTAR SEDULUR ISK :