Harga Cabai Merosot, PKS Borong 1 Ton Cabai Petani untuk Dibagikan Gratis ke Warga

oleh -1.268 kali dibaca
Anggota DPRD Jateng Fraksi PKS Setia Budi Wibowo saat memborong cabai petani di Desa Kesambi. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PKS Setia Budi Wibowo memborong 1 Ton Cabe dari kelompok petani di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo, Rabu (25/8/2021).

Hal itu menindaklanjuti keluhan yang disampaikan oleh kelompok petani setempat, dimana para petani banyak mengeluhkan harga jual cabai yang anjlok.

Tidak hanya di Desa Kesambi Kecamatan Mejobo saja, para kader PKS juga menyerap aspirasi di beberapa Kecamatan lainnya. PKS juga membeli ke beberapa petani lainnya seperti di Kecamatan Kaliwungu dan Undaan.

“Dalam jangka waktu sepekan ini, kader dan simpatisan akan berpartisipasi meringankan beban petani dengan membeli hasil cabai langsung dari petani. Target PKS bisa membeli satu ton cabai dengan harga wajar,” kata dia di area persawahan cabai Desa Kesambi.

Cabai yang telah dibeli rencananya akan dibagikan ke tetangga terutama kepada para warga terdampak covid. Cabai yang telah dibeli ini dibagikan lagi secara gratis kepada warga terdampak covid 19 di wilayah kabupaten Kudus.

Pihaknya pun memastikan pembelian cabai demi untuk meringankan para petani cabai juga akan dilakukan di sejumlah kecamatan lainnya. seperti di Kecamatan Kaliwungu dan Undaan. Cabai yang telah dibeli, kemudian akan dibagikan ke masyarakat Kudus khususnya pada mereka yang terdampak pandemi, maupun kepada pihak-pihak yang membutuhkan di Kabupaten Kudus.

“Kami anggota dewan bersama kader di Kudus berusaha untuk guyup untuk meringankan beban yang diderita para petani. Semoga langkah Program beli cabai petani ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat untuk menumbuhkan rasa empati terhadap kondisi di sekitar.” Tutur Mas Bowo.

Sesuai anjuran yang disampaikan oleh Ketua Majelis Syuro PKS, Dr. Salim, untuk selalu memudahkan dan melayani masyarakat. Dr. Salim juga menyampaikan agar setiap kader untuk turun ke lapangan dan mendengar keluhan masyarakat dan menjadi relawan dalam berbagai kegiatan.

Sembari menemui para petani, Setia Budi Wibowo juga meninjau lokasi rencana aspirasi pembangunan jalan yang pernah diajukan oleh warga Desa Kesambi dan meminta kerjasama masyarakat dan Pemerintah Desa untuk bekerjasama dan memantau perkembangan pembangunan jalan tersebut.

Masih ditempat yang sama, petani Gimah mengatakan jika harga jual cabai kini telah anjlok di Rp 3 ribu per kilogram. Harga tersebut tentu sangat merugikan petani cabai. “Kalau dipanen ya rugi, tidak dipanen ya rugi, ini diborong seperti ini saya alhamdulillah sekali,” kata dia. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :