Hari Bakti Pemasyarakatan ke-58, Rutan Kudus Gelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana

oleh -192 kali dibaca
Kepala Rutan Kudus Suprihadi (topi merah) saat melihat jalannya pertandingan tenis meja. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Memperingati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022, Rutan Kudus menggelar Pekan Olahraga dan Seni Narapidana (Porsenap), pada Sabtu (26/3/2022).

Dibuka langsung oleh Kepala Rutan Kudus, Suprihadi di aula setempat. Kegiatan tersebut mengangkat tema ‘Pemasyarakat PASTI dan BerAkhlak, Mewujudkan Indonesia Maju’.

Suprihadi mengatakan dalam kegiatan tersebut, pihaknya menggelar lomba yang juga berfungsi untuk meningkatkan imun tubuh di masa pandemi ini, juga untuk mempererat tali silaturahmi antar warga binaan dengan petugas Rutan,

“Porsenap merupakan ajang untuk menumbuh kembangkan rasa kebanggaan serta sportivitas dalam berkompetensi, serta mengembangkan minat dan bakat serta kreativitas yang dimiliki oleh para WBP. Kegiatan ini sangat cocok untuk mengasah bakat dan mempraktikan rasa percaya diri, kedisiplinan, dan tentunya sikap sportivitas dalam berlomba,” jelas Suprihadi.

“Tidak saja hanya sebatas peringatan hari lahirnya sistem Pemasyarakatan sebagai sistem perlakuan terhadap narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) saja, melainkan juga sebagai momentum untuk mengintrospeksi diri sekaligus memperkokoh komitmen seluruh insan Pemasyarakatan dalam mewujudkan tujuan sistem Pemasyarakatan,” imbuhnya.

Kegiatan Porsenap, lanjut Suprihadi, diikuti hampir 70 persen dari total 140 warga binaan Rutan Kudus, dengan beberapa event perlombaan baik untuk kategori olahraga dan seni.

“Ada 4 jenis perlombaan yang di pertandingkan antara lain, untuk bidang olahraga ada Tenis Meja, Catur dan Bulutangkis, sementara untuk bidang seni ada ada lomba Karaoke,” jelasnya.

Dia berharap, kegiatan Porsenap berjalan dengan lancar dan kondusif serta tercipta bibit atlet dari WBP Rutan Kudus.

“Semoga para WBP dapat menyalurkan hobi menyanyi di ajang Karaoke. Ini juga ajang buat Rutan Kudus untuk mencari bibit-bibit atlet olahraga dan untuk menyalurkan bakat,” tuturnya.

Sementara salah satu peserta dari lomba Karaoke, Arif mengaku senang ada perlombaan yang memberikan ruang baginya untuk berekspresi. Selain itu sedikit bisa mengobati kejenuhan.

“Ada lomba karaoke ini ada rasa senang karena ada hiburan dan sedikit bisa mengusir kejenuhan,” paparnya.

Dia saat itu melantunkan lagu milik Bang Haji Rhoma Irama dengan judul lagu Roda Kehidupan, “Saya melantunkan lagu Roda Kehidupan dari Bang Haji Rhoma Irama, alasannya karena suka dengan lagu-lagunya dan nge fans,” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :