Hari ini 15.456 Siswa SMP Sederajat di Kudus Ikuti Ujian Nasional

oleh -1,006 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ujian Nasional (UN) sekolah menengah pertama (SMP) sederajat mulai dilaksanakan hari ini, Senin (9/5). Total ada 15.456 siswa SMP sederajat di Kabupaten Kudus yang akan mengikuti UN. Sesuai jadwal yang ada pelaksanaan UN sedianya akan berlangsung selama empat hari hingga, Kamis (12/5).

image

Berdasarkan data dari dinas pendidikan pemuda dan olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, peserta UN terdiri dari 7.673 siswa SMP, 7.774 siswa MTs, dan 9 siswa SMPLB. Selain itu ada tambahan sebanyak 117 siswa dari kejar paket B.

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo mengatakan, pelaksanaan UN SMP sederajat tahun ini sedikitnya akan menggunakan 778 ruangan dan masing-masing ruang akan ditempati 20 siswa. Sedangkan jumlah pengawas sesuai rencana ada 1.558 pengawas.

Menurut Joko, ada sedikit perbedaan untuk peserta UN kejar paket B dengan siswa reguler. Untuk siswa reguler akan berlangsung selama empat hari (9-12/5) sedangkan siswa kejar paket B hanya tiga hari pelasanaannya (9-11/5). Materi yang di ujikan juga beda, untuk siswa reguler Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA, yang dilaksanakan setiap hari satu mata pelajaran.

Sedangkan untuk siswa kejar paket B, lanjut Joko, setiap harinya ada dua mata pelajaran yang diujikan, yakni Bahas Indonesia dan Pendidikan Kewarganegaraan, Matematika dan IPS, serta Bahasa Inggris dan IPA.

Dirinya mengimbau kepada seluruh siswa yang mengikuti UN SMP sederajat untuk selalu mengedepankan kejujuran, percaya diri, dan teliti. “Jangan tergesa-gesa saat mengerjakan soal agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” harapnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :