Hari Ini Siswa SD Dan MI Di Kudus Ikuti Ujian Nasional

oleh -908 kali dibaca

Kudus, isknews.com Hari ini pada sekitar pukul 08.00 pagi, para siswa Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kudus mengikuti ujian nasional (UN), yang diselenggarakan mulai Senin (15/5) – Rabu (17/5). Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Joko Susilo melalui Sekretaris Dinasnya Hartono, Jum’at (12/5/17).

Dari sisi kesiapan infrastruktur ujian nasional, semua persiapan sudah dilakukan jauh hari sebelumnya, ada sekitar 13.545 siswa SD dan sederajat di Kudus yang akan mengikuti ujian nasional (UN), semua persiapan UN SD sudah selesai dilaksanakan. “Naskah UN sudah didistribusikan ke masing-masing unit pelaksana teknis (UPT) pendidikan, Tinggal pelaksanaan saja, semua tak ada hambatan sampai semuanya selesai,” ujarnya.

Ditambahkannya, persiapan siswa dan sekolah yang dilakukan tak jauh beda dengan tingkat SMP dan SMA, sebelumnya. Antara lain, les tambahan, uji coba UN, hingga istighosah dan kegiatan rohani untuk menguatkan mental para peserta UN. “Tekni dan mental sudah dipersiapkan, tak ada kendala,” ucapnya.

Dipaparkannya, jumlah ruang untuk SD sebanya 1.402. Sedang untuk madrasah ibtidaiyah (MI) sebanyak 458 ruang, dan enam ruang untuk ujian sekolah dasar luar biasa (SDLB).

“Ribuan ruang tersebut tersebar di 774 sekolah, yang teridiri dari 446 SD, 134 MI, tiga SDLB,” paparnya.

Ditegaskannya, sistem pengawasan untuk UN SD sama dengan sebelumnya. Yakni melibatkan guru sekolah dengan sistem silang. “Siswa diharapkan dapat secara maksimal dan jujur dalam mengerjakan soal,” tegasnya.

Ditambahkan, tahun ini UN tak menentukan kelulusan siswa. Kendati demikian, menurut dia, pelaksanaan UN secara serius tetap sangat diperlukan. “Masih diperlukan untuk kelanjutan jenjang pendidikan selanjutnya, serta pemetaan pendidikan,” imbuh dia.

Sementara itu, anggota komisi D DPRD Kudus, M Arif Mifthoni berharap, tak ada kendala dalam semua tahapan pelaksanaan UN SD, disamping itu, politisi PAN ini berharap, agar siswa SD dan sederajat di Kudus bisa meraih prestasi yang membanggakan, “Harapan saya, tentu siswa di Kudus bisa kembali meraih prestasi yang membanggakan. Namun, di samping itu yang lebih penting adalah kejujuran siswa dalam mengerjakan tiap soal,” katanya. (YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :