Hari Minggu Kemarin 6 Parpol Daftar Di KPU Kudus, 3 Berkas Dikembalikan Untuk Diperbaiki

oleh

Kudus, isknews.com – Masa pendaftaran Partai Politik peserta pemilu sesuai tahapan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan berakhir pada hari ini Senin (16/10/17) sejak di buka hampir dua pekan yang lalu, kemarin dan hari-hari sebelumnya sejumlah Partai Politik yang ada di Kabupaten Kudus telah berbondong-bondong mendaftarkan Partainya ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kudus. Di predikisi hari ini akan banyak Parpol yang hadir mendaftarkan maupun memperbaiki berkas pendaftaran karena ini merupakan hari terakhir tahapan pendaftaran parpol.

Setelah setiap parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) wajib mengisi data melalui Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang tersedia dalam bentuk daring. Setelah mengisi data, parpol harus datang ke kantor KPU dan menyerahkan salinan data dalam bentuk tercetak. Beberapa formulir juga harus dibawa partai ke meja pendaftaran.

Jika dokumen pendaftaran ada yang kurang lengkap maka parpol diminta memperbaiki lagi kelengkapan “Kalau sudah lengkap maka di kategori checklist-nya masuk, kita input di sipol. Tapi kalau belum lengkap kita hanya menyampaikan checklist-nya, dan seluruh dokumennya dikembalikan,” ujar ketua KPU Kudus Moh. Khanafi.

TRENDING :  Merasa Hanya Dijadikan Obyek Dalam Rapat, Pimpinan Disabilitas Pati Lontarkan Kritikan Pedas

Kemarin meskipun hari minggu yang biasanya merupakan hari libur bagi KPU, namun para komisioner dan staf KPU Kudus masih membuka kantornya, dikarenakan pada hari minggu kemarin dijadwalkan 6 Parpol telah mengkonfirmasikan akan mendaftarkan partainya untuk mendaftar di KPU.

Partai pertama yang mendaftar serta menyerahkan berkas parpol tingkat kabupaten adalah Partai Gerindra, dipimin oleh ketua yang baru DPC Partai Gerindra Sunaryo yang diikuti jajaran fungsionaris partai menyerahkan berkas pendaftaran di kantor KPUD kabupaten Kudus.

Penyerahan berkas Partai Gerindra diterima oleh ketua KPUD Kudus Moch Khanafi, yang disampingi oleh Komisioner Divisi Hukum Naily Syarifah dan Komisioner Divisi Sosialisasi Eni Misdayanti.

TRENDING :  Masa Injury Time Habis, Partai Idaman Dan Pika Belum Lengkapi Berkas Parpol

Dalam kesempatan penerimaan pendaftaran partai Gerindra, Ketua KPUD menjelaskan, “Tanggal 16 besuk (hari ini) merupakan hari terakhir pendaftaran, Apabila dalam rekapitulasi data ada yang belum sempurna, masih ada waktu satu hari untuk melengkapinya,” pesannya.

Usai dilakukan verifikasi yang di komparasi dengan data Sipol ternyata dari data e-KTP dan KTA Partai Gerindra Kudus sebanyak 1.362 lembar kopi e-KTP dan Kartu Tanda Anggota (KTA) dinyatakan lengkap oleh KPU Kudus.

Menurut Komisioner Divisi Hukum Naily Syarifah, Hari minggu kemarin tak hanya Partai Gerindra saja yang mendaftarkan partainya, setelah itu kemudian disusul lima partai yang lain.

Partai PKS, Hanura, PPP, Perindo dan Berkarya kemarin mendaftar, dari kelima partai sesudah Partai Gerindra hasilnya adalah, ” PKS 1.239 status lengkap diterima, Perindo 1.670 yang sebelumnya dikembalikan untuk proses perbaikan hari ini status lengkap diterima,” ujar Naily.

TRENDING :  Identitasnya Dicatut Parpol, Sejumlah Warga Buat Surat Pernyataan

Sementara itu PPP 1.110 jumlah KTA 1.084 dan e-KTP 1.064, dikembalikan untuk diperbaiki, Partai Hanura dari jumlah KTA 1.369 e-KTP 1.269, dikembalikan untuk diperbaiki, Berkarya 1.222 jumlah lta 1.237 e-KTP 528, dikembalikan untuk diperbaiki.

Proses pemeriksaan dokumen pendaftaran biasanya memakan waktu satu jam. Setelah berkas lengkap dan parpol menerima tanda terima, KPU lakukan pemeriksaan administrasi mulai 17 Oktober hingga 15 November 2017.

Parpol yang tak memenuhi syarat administrasi diberi kesempatan merevisi pada 18 November hingga 1 Desember 2017. Hasil revisi administrasi diumumkan 12-15 Desember 2017.

Setelah itu, proses verifikasi faktual dengan memeriksa langsung data partai ke lapangan dilakukan terhadap parpol yang belum pernah mengikuti pemilu. “Verifikasi ke lapangan dilakukan 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018,” pungkasnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :