Hari Pertama Ujian Sekolah Serentak SD dan SMP di Kudus Berlangsung Lancar

oleh -145 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Hari pertama diadakannya Ujian Sekolah (US) serentak bagi siswa kelas VI sekolah dasar (SD) dan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus, Senin (18/04/2022), berjalan dengan lancar.

Sekolah melangsungkan ujian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat lantaran masih dalam masa pandemi covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widodo, menyampaikan, hari ini merupakan hari pertama ujian sekolah yang dilakukan serentak di Kabupaten Kudus.

Pihaknya menyebut, semua sekolah di Kabupaten Kudus melaksanakan ujian sekolah sesuai jadwal. Ada sejumlah 422 SD yang melangsungkan ujian sekolah serta 51 SMP.

“semoga ujian sekolah tahun prlajaran 2021/2022 berjlaan lancar dan sukses tidak ada kendala di sekolah,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa kelas VI sekolah dasar sendiri akan berlangsung hingga 28 Maret mendatang. Dimana, ada 10 mata pelajaran yang diujikan, antara lain, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, Penjasorkes, dan SBdP.

“Sementara pada jenjang SMP akan dilangsungkan hingga 23 Maret 2022, dimana satu hari ada dua mata pelajaran yang diujikan,” lanjutnya.

Adapun mata pelajaran yang diujikan pada jenjang SMP, tambah Harjuna, antara lain, Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, Matematika, PPKn, Bahasa Inggris, Seni Budaya, IPA, Penjasorkes, IPS, Bahasa Jawa, dan Prakarya.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Jekulo, Zaenal Arifin, menyampaikan, pelaksanaan ujian sekolah di SD setempat berjalan dengan lancar. Ada 2 ruang kelas yang digunakan untuk pelaksanaan ujian sekolah untuk tahun ini.

“Total muridnya ada 28 siswa, kita bagi ke dalam dua ruang kelas,” ujarnya, Senin (18/04/2022).

Zaenal juga menuturkan, telah melangsungkan ujian sekolah sesuai dengan aturan dan protokol kesehatan covid-19. Diantaranya, siswa memakai masker selama pelaksanaan ujian, mencuci tangan atau memakai handsanitazer, serta mencegah kerumunan.

“Alhamdulillah, hari pertama berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Lantaran sudah menjadi agenda tahunan, lanjutnya, persiapan menjelang ujian sekolah juga telah dilakukan jauh-jauh hari. Siswa kelas VI yang ikut ujian juga mendapatkan penambahan materi. Supaya, keluaran dari ujian sekolah tahun ini bisa lebih maksimal.

“Harapan saya, Yang Maha Esa semoga bisa segera mengangkat krisis covid-19 secepat mungkin, agar KBM di sekolah, khususnya SDN 1 Jekulo bisa berjalan normal kembali,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :