Hartopo Apresiasi Expo UMKM dan Gerakan Tanam Pohon DPD LDII Kudus

oleh -282 kali dibaca
Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat mengunjungi stand expo UMKM (kiri) dan menanam langsung pohon untuk mengawali gerakan tanam pohon (kanan). (Foto : Aris Sofiyanto)

Kudus, isknews.com – Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Kudus yang telah menggelar Expo Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan gerakan tanam pohon.

Hal itu dikatakan Hartopo saat menghadiri pengajian umum di Pondok Pesantren Baitul Qudus, Panjang Kecamatan Bae, Minggu (15/3/2020). Sedikitnya ada sekitar 600 jamaah hadir dalam pengajian yang digelar setiap bulannya itu.

Usai sambutan, Orang nomor satu di Kota Kretek itu berkesempatan mengunjungi stand satu persatu, melihat produk unggulan yang dimiliki para jamaah. Setiap mendatangi stand, Hartopo berbincang-bincang dan tak lupa memberikan semangat dan dorongan kepada jamaah yang berwirausaha.

“Warga yang berwirausaha supaya terus berkreatifitas tanpa batas, utamakan kejujuran dan jangan mudah menyerah,” pesannya.

Ia mengatakan bahwa kreativitas masyarakatnya sungguh luar biasa. Hal itu dibuktikan dari banyaknya kreasi produk yang dihasilkan dan mampu unjuk gigi di pasar nasional bahkan internasional.

Dalam kesempatan itu, Hartopo didampingi Pengurus LDII Kudus memimpin penanaman pohon kelor dan berkesempatan menanam secara langsung.

Hartopo tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan pentingnya kesehatan. Ia menyerukan pentingnya penerapan pola hidup sehat. Apalagi, dunia tengah disibukkan dengan adanya pandemi virus Corona (Covid-19). Namun, Hartopo menegaskan, adanya virus Corona tidak untuk ditakuti dan membuat panik masyarakat. Asalkan, pola hidup sehat benar-benar dijalankan.

“Mari kita selalu jaga kesehatan. Apalagi, sekarang virus Corona telah merebak di Indonesia. Selalu usahakan untuk menjalankan pola hidup sehat. Misalnya, makan makanan bergizi, cuci tangan pakai sabun, dan giat berolahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD LDII Kudus, Marjono mengatakan, Khusus pengajian bulanan untuk hari ini kami adakan lebih meriah, “Kebetulan bapak Plt Bupati Kudus berkenan hadir, kita agendakan UMKM expo dan peduli lingkungan,” terangnya.

Tujuannya untuk yang expo mengenalkan produk unggulan jamaah kemandirian. Sementara untuk gerakan menanam pohon, jenis tanamannya ada tabebuya dan buah. Tabebuya untuk keindahan dan untuk tanaman buah bisa diambil manfaatnya, macamnya ada buah durian, mangga, matoa dan lainnya.

“Untuk hari ini secara simbolis dulu, rencananya akan kita tanam sedikitnya 1000 tanaman di daerah bendungan logung dan daerah gersang lainnya di Kudus,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :