Hartopo Kenalkan Program Kudus GASIK, Apa itu? 

oleh -797 views

Kudus, isknews.com – Bertempat di kediaman kepala desa Dukuh Waringin, Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M. Hartopo didampingi Camat Dawe melaksanakan acara manakib bersama seluruh kepala desa di kecamatan Dawe Kudus pada Rabu (7/4/2021). 

Tujuan diadakanya manakip serta doa bersama untuk memohon kelancaran dan kemudahan para pemangku wilayah dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, Dirinya juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan semacam ini. Hal tersebut disampaikan oleh H.M. Hartopo dalam sambutanya.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan Pribadi, Saya sangat apresiasi kegiatan semacam ini, mengingat kabupaten Kudus dikenal dengan kota religi, kota santri, maka acara semacam ini sudah menjadi kearifan lokal dan bagian dari masyarakat untuk meminta keberkahan pada Tuhan Yang Maha Esa, salah satunya dengan ikhtiyar Manakib ini,” ucapnya. 

Hartopo juga menjelaskan tentang program baru yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah tentang penataan wilayah tanpa membebani APBD.

“Jangan monoton dengan kondisi saat ini dengan adanya refokusing anggaran, apa yang bisa kita kerjakan dan prioritaskan dalam pembangunan banyak sekali. Dengan adanya program Kudus GASIK, kita akan mengkonsep pembangunan tanpa membebani APBD,” katanya.

Untuk diketahui, Kudus GASIK itu sendiri kepanjangan dari Gerakan Aman, Sehat, Indah, dan Kreatif. Kudus GASIK dikonsep dengan menggandeng stakeholder dan wakil pengusaha untuk menata estetika wilayah.

“Dimulai dari Perempatan panjang ke Utara, kita gandeng perusahaan-perusahaan setempat dalam hal pembangunan infrastruktur diwilayahnya, seperti pembangunan taman disepanjang jalan kawasan pabrik untuk menciptakan estetika keindahan,” jelasnya.

Hartopo berharap program tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat berjalan sesuai harapan.

“Semoga program Kudus GASIK dapat didukung oleh semua pihak, baik stakeholder maupun pemangku wilayah lainya sebagai upaya kreasi untuk merubah wajah kabupaten Kudus agar lebih terkonsep dari segi keindahan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala desa Dukuh Waringin Aris Istiyanto menyambut secara hangat atas kehadiran Plt. Bupati Kudus beserta rombongan.

“Selamat datang pak Plt. Bupati Kudus beserta rombongan, Kami ucapkan terimakasih atas kehadirannya ditengah-tengah kami,” katanya.

Pihaknya menjelaskan bahwa Manakib tersebut diadakan secara rutin sebulan sekali secara bergilir dikediaman kepala desa se-Kecamatan Dawe Kudus. 

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap sebulan sekali secara bergilir dikediaman kepala desa se-Kecamatan Dawe, diharap kegiatan seperti ini dapat memberikan dampak positif bagi wilayah kami serta dapat menjalin tali silaturahmi antar kepala desa maupun antar warga sehingga timbul keakraban dan kebersamaan masyarakat,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :