Hartopo Pimpin Rakor: Tanggap Darurat di Kudus Fokus Kebencanaan Banjir dan Tanah Longsor

oleh -89 kali dibaca
Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M Hartopo pimpin Rakor siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor di Gedung Setda lantai IV pada Rabu (10/2/2021). (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus H.M Hartopo didampingi perwakilan Dandim 0722/Kudus dan perwakilan Kapolres Kudus beserta Sekda Kudus, menggelar Rapat koordinasi siaga darurat bencana banjir dan tanah longsor di kabupaten Kudus bersama dengan Asisten Sekda, Kepala OPD, serta para Camat Kabupaten Kudus di Gedung Setda lantai IV pada Rabu (10/2/2021).

H.M. Hartopo mengatakan bahwa kebencanaan yang terjadi saat ini merupakan peristiwa yang luar biasa, karena selain kita disibukkan dengan penanggulangan bencana, kita juga disibukkan dengan penanganan pandemi covid-19 yang masih terjadi.

“Kejadian ini merupakan bencana yang memerlukan penanganan yang serius, saat ini selain kita fokus menangani banjir dan tanah longsor, kita juga terus fokus menangani penyebaran wabah covid-19 yang masih terjadi. Oleh karena itu, kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI/Polri dan pihak terkait yang telah membantu Pemerintah Kabupaten Kudus dalam penanganan bencana ini,” terangnya.

Pihaknya juga memastikan seluruh persediaan logistik yang ada ditempat pengungsian terpenuhi untuk para pengungsi, termasuk persediaan obat dan tenaga medis.
“Kami akan terus pastikan ketersediaan logistik bagi para pengungsi, termasuk obat-obatan dan tenaga medis akan selalu terpenuhi. Selain itu, kami juga pastikan penerapan protokol kesehatan diterapkan secara ketat, mulai fasilitas cuci tangan, pemakaian masker, sampai pengaturan sekat untuk menjaga jarak per kepala keluarga,” jelasnya.

H.M. Hartopo juga memberikan imbauan kepada masing-masing pemangku wilayah, dalam hal ini para Camat. Pihaknya meminta untuk selalu mengimbau kepada warganya yang berada di daerah rawan bencana untuk mengungsi.
“Saya imbau kepada para Camat agar menyampaikan imbauan kepada warganya yang berada dikawasan rawan bencana agar sementara ini dapat mengungsi ditempat pengungsian yang telah disediakan ataupun mengungsi ditempat sanak saudara yang dirasa lebih aman, mengingat bencana dapat sewaktu-waktu dapat terjadi tanpa bisa diprediksi,” imbaunya.

Lebih lanjut, H.M. Hartopo pun menyampaikan beberapa Arahanya terkait penanggulangan bencana di Kabupaten Kudus kepada seluruh Instansi terkait.
“Beberapa poin yang saya sampaikan dalam penanggulangan bencana ini, diantaranya lebih mengutamakan penyelamatan nyawa dibanding dengan harta jika keadaan buruk terjadi, pastikan Medan dan keadaan dikuasai agar dalam mengambil tindakan penanggulangan bencana dapat berjalan lancar, pastikan sering berkoordinasi serta menjalin baik komunikasi antar unsur terkait dalam menanggulangi bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi,” pungkasnya.

Langkah antisipasi perlu dilakukan dalam menanggulangi kebencanaan yang sewaktu-waktu dapat terjadi, mengingat kita tidak dapat memprediksi kapan bencana itu datang. Oleh karena itu, kita dituntut untuk siap menghadapi dan menanggulangi datangnya bencana dengan selalu menjalin koordinasi dan komunikasi antar instansi terkait sebagi wujud sinergi yang baik dalam penanggulangan bencana. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :