Hilal Penentuan 1 Ramadhan 1443 H di Kudus Tak Terlihat Terhalang Mendung

oleh -62 kali dibaca
Pemantauan hilal yang dilakukan dari Kemenag Kudus dengan pelajar kelas XII program keagamaan MAN 2 Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com –  Hilal untuk penetapan 1 Ramadhan 1443 H yang dilakukan Kementerian Agama Kabupaten Kudus tak terlihat karena terhalang mendung. Pemantauan dilakukan di dua tempat. Yakni di Gedung Laboratorium Sanis Terpadu lantai 5 MAN 2 Kudus dan Ponpes Yanbu’ul Qur’an Menawan, Kudus.

Ketua Tim Ahli Badan Hisab Rukyah Daerah (BHRD) Kudus M Agus Yusrun Nafi’ menuturkan mendung menghalangi pemantauan hilal untuk penetapan 1 Ramadhan 1443 H.

” tak bisa dilihat karena mendung, pantauan dengan lama hilal 7 menit 53 detik miring ke selatan. Sementara tinggi hilal di lokasi observasi di gedung MAN 2 Kudus satu derajat 58 menit. Hilal terbenam 17.50 WIB,” jelasnya, Jumat (1/4/2022).

Sementara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 2 Kudus M. Asar Latif mengatakan jika di sekolahannya (program keagamaan) mempelajari ilmu falak (astronomi), jadi praktek pemantauan hilal memang pelajaran praktek yang harus dipelajari.

“Untuk tempat praktek program keagamaan dan mapel ilmu Falak, Kami (MAN 2 Kudus) menyediakan sarana laboratorium astronomi (observatorium) di lantai 5, jadi tidak belajar secara materi (teori), melainkan bagaimana bisa mengimplementasikan dengan cara praktek langsung,” paparnya.

Ana Rizqia Putri, salah satu siswi kelas XII Keagamaan mengaku senang bisa praktek langsung.

“Senang banget bisa mempraktekkan ilmu falak langsung,” ujarnya.

Namun, Ana menambahkan, saat praktek belum bisa maksimal Karena terhalang mendung atau faktor cuaca.

“Karena ini cuaca tidak mendukung karena m endung akibat hujan lebat, jadi belum bisa melihat hilal, bulannya tidak terlihat,” terangnya saat ditemui awak media di lokasi. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :