Hindari Listrik Padam Mendadak Akibat Trafo Meledak, Warga Yang Akan Memasang LPJU Diimbau Ajukan Ijin

oleh -1,249 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Warga masyarakat yang akan memasang Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU)  diminta untuk mengajukan ijin. Hal itu untuk mengindari padamnya listrik secara mendadak, disebabkan  trafo yang meledak akibat overload.

image

Kasie Energi, Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas BPESDM Kabupaten Kudus, Tulus Santosa, yang dihubungi isknews.com, Kamis (14/4), mengatakan hal itu. Menurut dia, pemasangan LPJU baru yang dilakukan secara asal-asalan dan tanpa memperhitungkan daya atau kekuatan trafo PLN di area setempat, akan berakibat menambah beban trafo tersebut, sehingga kalau sudah kelebihan daya, akan meledak. Daya untuk setiap trafo itu sebesar 1000 kilo wath (Kwh), kalau beban yang ditanggung lebih dari itu, tentunya saja akan berakibat fatal. “Selain trafo meledak, listrik pun padam mendadak. Kalau sudah begitu warga masyarakat juga yang dirugikan.”
Untuk meminimalisir kejadian di atas, ungkapnya lanjut, pengajuan ijin pemasangan LPJU baru itu menjadi keharusan. Dengan adanya ijin secara resmi oleh warga masyarakat, pihak bidang terkait akan menindak lanjuti dengan menanyakan berapa titik LPJU serta besarnya daya watt yang akan terpasang. Besarnya daya watt itu nantinya akan diperhitungkan dengan daya kemampuan trafo di area setempat, apakah masih mampu menampung dengan adanya penambahan LPJU baru. “Kalau daya watt trafo masih kuat, tidak ada masalah. Akan tetapi kalau sudah overload, ya tidak bisa dipaksakan.”
Tulus selanjutnya menjelaskan, prosedur pengajuan ijin LPJU, bisa dilakukan oleh warga atau perseorangan (swadaya), dengan mengajukan secara tertulis yang kepadanya diajukan ke bupati, dengan diketahui kepala desa dan camat setempat. Yang perlu diketahui oleh masyarakat terkait pemasangan LPJU, untuk pengadaan tiang dan lampunya oleh Dinas BPESDM, sedangkan jaringan listrik, termasuk perbaikan trafo jika terjadi kerusakan, menjadi wewenang PLN. “Perlu diketahui juga, pemasangan LPJU yang diusulkan atas nama desa, anggarannya akan ditanggung oleh Pemkab melalui usulan APBD Kabupaten, sedangkan pengajuan oleh perseorangan atau perusahaan, pengadaan material dibebankan kepada yang bersangkutan.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :