Hingga Hari Terakhir, Pelaksanaan Ujian Sekolah Berlangsung Lancar

oleh -97 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) serentak bagi siswa kelas VI sekolah dasar (SD) dan siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kudus berlangsung lancar. Hingga mendekati hari terakhir, tidak ditemukan kendalan yang berarti oleh masing-masing sekolah.

Sekolah melangsungkan ujian sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Serta menerapkan protokol kesehatan dengan ketat sesuai dengan imbauan yang ditetapkan oleh Pemerintah di masa Pandemi Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan (prokes) di masing-masing sekolah juga dilakukan dengan tertib. Setiap sekolah terpantau menyiapkan handsanitazer dan termogun sebelum siswa memasuki ruangan.

Siswa juga diwajibkan selalu memakai masker selama di lingkungan sekolah. Bagi yang lupa membawa masker, pihak sekolah juga telah menyediakan masker agar penerapan prokes dilakukan dengan maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widada, menyampaikan, ada sejumlah 422 SD yang melangsungkan ujian sekolah serta 51 SMP.

“Alhamdulillah ujian sekolah sudah berlangsung, lancar dan tidak ada kendala, baik yang dilakukan secara daring maupun yang secara luring,” ujarnya, Rabu (27/04/2022).

Adapun, Pelaksanaan Ujian Sekolah berdasar pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Ujian sekolah bagi siswa kelas VI sekolah dasar sendiri akan berakhir pada 28 Maret 2022 besok. Dimana, ada 10 mata pelajaran yang diujikan, antara lain, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, Penjasorkes, dan SBdP.

Harjuna juga menuturkan, bagi siswa yang belum bisa mengikuti ujian sekolah secara serentak, bisa mengikuti ujian susulan yang akan dijadwalkan mulai 9-13 Mei 2022 mendatang.

“Bagi yang belum bisa hadir pada ujian sekolah utama, masih ada kesempatan mengikuti ujian sekolah susulan yang dijadwalkan setelah lebaran,” terangnya.

Foto Ilustrasi pelaksanaan ujian sekolah di salah satu SD di Kabupaten Kudus

Sementara itu, Kepala SDN 1 Prambatan Lor, menyebut, pelaksanaan ujian sekolah dari hari pertama hingga menjelang hari terakhir besok berlangsung dengan lancar. Siswa mengerjakan soal dengan tenang dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

“Alhamdulillah anak masuk semua, sehat semua dan bisa mengerjakan semua,” ujarnya, Rabu (27/04/2022).

Ada 19 siswa yang mengikuti ujian sekolah pada tahun ini. Penerapan prokes juga dijalankan sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Mulai dari tata duduk peserta ujian yang dijaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan atau memakai handsanitazer.

Kemudian, untuk pemantapan siswa dalam mengerjakan soal, mereka dibekali dengan penambahan materi yang diujikan pada ujian sekolah. Pihaknya pun melibatkan semua guru, mulai dari guru kelas 1 hingga kelas 6 untuk membantu memberikan tambahan materi.

“Kita lakukan baik sebelum atau setelah jam pulang sekolah, kita lakukan jauh jauh hari sebelum hari pelaksanaan ujian,” tuturnya.

Agar menciptakan semangat siswa dalam ujian sekolah tahun ini, Sapuwan juga mengatakan, telah mendesign ujian sekolah layaknya ujian nasional. Dimana, sebelum pelaksanaan ujian sekolah, pihaknya mengajak anak untuk doa bersama, istighosah bersama, hingga les privat bersama guru.

“Hal itu kita lakukan agar semangat siswa mengerjakan soal ada gegetnya. Sehingga bisa berdampak pada kesuksesan ujian sekolah nanti. Dengan harapan siswa nilainya baik dan bisa masuk ke sekolah yang diinginkan,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :