HUT IKAHI, PN Kudus Komitmen Jaga Sinergitas dengan Empat Lingkungan Pengadilan

oleh -118 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pengadilan Negeri (PN) Kudus merayakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) ke-69 pada Jumat (25/03/2022).

Kegiatan santunan anak yatim oleh PN Kudus dalam rangka memperingati HUT IKAHI ke-69

Pada HUT IKAHI kali ini, Ketua PN Kudus Singgih Wahono berkomitmen akan menjaga sinergitas bersama empat lingkungan pengadilan. Yakni bersama Pengadilan Umum (PU), Pengadilan Agama (PA) Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), dan Pengadilan Militer.

Ketua PN Kudus Singgih Wahono

“Kekompakan empat lingkungan pengadilan ini akan kami jaga untuk mewujudkan peradilan yang agung. Kami juga akan menjaga kerjasama dengan pihak luar dengan tetap menjaga kemandirian hakim,” tuturnya.

Disamping itu, pihaknya ingin semakin memperjuangkan kesejahteraan hakim. Selain itu, pihaknya juga bakal melakukan pembinaan aparatur pengadilan. Terutama kepada hakim supaya bisa melakukan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Kami harap, hakim bisa terus memiliki integritas tinggi serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,” imbuhnya.

Dirinya menambahkan, untuk mewujudkan peradilan modern, perlu pengadilan yang bisa maksanakan tuga unsur dengan berbasis teknologi informasi.

Ketiga unsur tersebut yaitu menyangkut penguasaan peradilan perundang-undangan, peningkatan integritas dan kualitas penegak hukum serta peningkatan kesadaran masyarakat.

“Salah satu yang sudah berjalan di PN Kudus adalah adanya program Silana atau Aplikasi Pelayanan Pidana. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengajukan ijin seperti penyitaan dan berbasis elektronik, tidak perlu datang langsung ke kantor pengadilan,” pungkasnya.

Lebih lanjut, perayaan HUT IKAHI ke-69 ini juga diwarnai dengan kegiatan sosial. Seperti, membagikan uang santunan kepada puluhan anak yatim.

Sedikitnya ada 40 anak yatim yang menerima santunan dalam kegiatan tersebut. Pihaknya berharap, santunan ini bisa bermanfaat bagi anak-anak dan pengurus panti asuhan.

“Tasyakuran ini sebagai bentuk rasa syukur kami. Pemberian santunan ini sudah kegiatan rutin dari Pengadilan Negeri Kudus setiap tahun, bekerjasama dengan Panti Asuhan Melati,” ucapnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :