IAIN Kudus Gelar 5 Sesi Wisuda, Hanya Wisudawan yang Hadir

oleh -245 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus membagi 5 sesi pada wisuda XXVIII program sarjana S1 dan wisuda X program pascasarjana S2 periode November 2020.

Wisuda yang digelar tatap muka itu berlangsung dengan standar 3M, sesuai protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Wakil Rektor I Dr. H. Supaat, M.Pd telah menegaskan kepada calon wisudawan dan para pihak yang terkait dengan kegiatan diminta untuk memperhatikan dan mematuhinya. Mulai dari mengenakan masker, menjaga jarak, pengukuran suhu badan hingga wajib mencuci tangan dan memakai hand sanitizer sebelum memasuki ruangan.

”Kami berikan masker dan face shield gratis. Skema pengantaran calon wisudawan juga telah kami atur untuk menghindari kerumunan di area kampus,” katanya.

Waktu pengantaran calon wisudawan dibagi dua sesi. Sesi pertama pada 06.30-07.30 dan menjemput pada 10.00-11.30. Dan sesi kedua pada 11.30-12.30 dan menjemput 15.00-16.00.

”Wisuda kali ini memang tidak mengundang orang tua atau wali wisudawan. Namun orang tua atau wali bisa mengikuti melalui live streaming youtube,” ujarnya.

Selain itu, Pihak kampus telah mendesain ruangan dengan standar prokes, yani kapasitas 150 orang. Antar peserta diberikan jarak 1 meter. Saat pelaksanaan, ruangan juga hanya diisi 30 persen dari kapasitas total.

Ia menyebut, pelaksanaan wisuda kali ini mengalami peningkatan wisudawan sebanyak 67%. Untuk menghindari kerumunan, pelaksanaan wisuda periode ini dilaksanakan secara bergelombang. Dari yang semula bisa digelar satu kali, kini dibagi 5 sesi selama 3 hari, Mulai 17-19 November 2020.

”Sebanyak 751 wisudawan mendaftar pada periode ini. sehingga diputuskan pelaksanaan dilakukan 5 sesi, masing-masing sesi diikuti 150, kecuali di hari terakhir karena ada tambahan 1 pendaftar sehingga kita paksakan 151 peserta wisudawan” jelasnya.

Pada hari pertama sesi I untuk wisudawan terbaik semua prodi, pascasarjana, Fakultas Syariah ( prodi HKI), Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (prodi MBS dan MZW). Pada sesi II untuk Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (prodi ES). Pada hari kedua sesi I untuk Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Pada sesi II untuk Fakultas Tarbiyah. Dan pada hari terakhir untuk Fakultas Tarbiyah prodi PAI angkatan 2014 ke atas.

Rektor IAIN Kudus Dr. H. Mudzakir, M.Ag berpesan kepada calon wisudawan jika wisuda bukan menjadi akhir segalanya. Sebab, setelah wisuda wisudawan punya tanggung jawab yang lebih. Pihaknya mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati.  Dirinya berpesan agar ilmu yang didapat dapat memberi keberkahan dan bermanfaat. Baik bagi diri sendiri, keluarga, bangsa, agama dan negara.

”Selamat dan sukses untuk para wisudawan wisudawati semoga ilmu yang diperoleh memberi keberkahan dan bermanfaat. Kepada seluruh orang tua, kami atas nama civitas akademika IAIN Kudus, mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk mendidik para putra putrinya,” pesan Mudzakir.

Sementara Sutrisno (28) wisudawan terbaik program Pasca Sarjana pada wisuda ke 28 IAIN Kudus periode November 2020 bersyukur sekali bisa lulus Prodi Manajemen Pendidikan Islam dengan jumlah IPK 3,95 dan masa studi 2 tahun. 

Ia berencana melanjutkan S3 melalui beasiswa. Kemudian untuk karir, di samping berkhidmah di masyarakat  maupun madrasah, Sutrisno mengaku ingin terjun di bidang akademisi sebagai dosen. “Tetap ada semangat untuk melanjutkan,” papar Guru di Madrasah Qudsiyyah Kudus dan Pondok Pesantren maupun guru di lembaga informal Diniyyah itu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :