Implementasikan KUP, Pemkab Kudus Gandeng Bank Jateng

oleh

Kudus-Untuk benar-benar meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kudus, Bupati Kudus terus membuat terobosan baru. Sebagaimana diberitakan beberapa waktu lalu, konsep kredit usaha produktif (KUP) akan segera diimplementasikan di Kudus. KUP ini merupakan pinjaman modal tanpa jaminan bagi para pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Kudus.
Pemilihan Kudus sebagai pilot project ini merupakan hasil paparan konsep KUP ini oleh Bupati Kudus H. Musthofa di depan Presiden RI Joko Widodo. Presiden mengapresiasi hingga memberikan kesempatan Kudus sebagai percontohan implementasinya. Untuk itu, berbagai langkah telah diambil agar KUP ini berjalan sesuai harapan. Di antaranya adalah penyiapan regulasi dan adanya kerjasama dengan perbankan.
Pemkab Kudus memilih Bank Jateng untuk sebagai bank pelaksana. Mengingat kerjasama antara pemerintah daerah dengan milik perusda bukan hanya pada hal ini saja. Selain itu, Bank Jateng juga turut berperan dalam memberdayakan ekonomi kerakyatan, khususnya di Kudus. Terlebih nantinya, harus ada edukasi yang positif dengan mengubah mind set masyarakat agar lebih bertanggung jawab.
”Kita akan mengubah pola pembinaan dan mind set masyarakat untuk lebih bertanggung jawab terhadap kewajibannya,” kata Bupati Kudus di hadapan pihak Bank Jateng, di Pendopo Kabupaten, Senin (16/2).
Tentunya, harus ada konsep yang jelas dan disusun secara sistematis mulai dari pengumpulan data hingga validasinya. Sehingga nantinya ada kesepahaman antara pemerintah daerah dengan bank pelaksana. Termasuk kriteria yang paling tepat bagi penerima pinjaman dana ini. Di dalamnya terbagi menjadi kelompok-kelompok bidang usaha, seperti pertanian, jasa, perdagangan, dan sebagainya.
Lebih lanjut bupati menyampaikan bahwa, konsep menjaga stabilitas keamanan dan perekonomian adalah kecukupan ekonomi. Yaitu melalui empat pilar, di antaranya kedaulatan pangan, kesehatan, pendidikan, dan UMKM. Maka sangat tepat upaya yang dilakukannya untuk membangkitkan ekonomi kerakyatan melalui KUP ini.
Sementara itu, Direktur Utama Bank Jateng menyatakan sepakat dari yang telah disampaikan oleh bupati Kudus. Pihaknya siap menjadi Bank Pelaksana program KUP di Kudus ini. Karena memang pihak bank juga berkontribusi untuk membantu peningkatan ekonomi kerakyatan melalui kredit UKM bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.(*)
Sumber:Humas 
@Rya                
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Ratusan Siswa Siswi SD Muhammadiyah 1 Wisata Edukasi Di Pendopo, Bupati Ramah Dan Sabar Jadi Guide