Indahnya Keberagaman Masyarakat Desa Jrahi “Desa Pancasila” Gunungwungkal Pati

oleh -575 kali dibaca
Mahasiswa dari program studi manajemen dakwah (MD) dan pemberdayaan masyarakat Islam (PMI) IAIN Kudus saat melaksanaan PPL di Desa Jrahi, Pati.

Lintas Pati, isknews.com – Keberadaan Desa Wisata Jrahi sebagai desa Pancasila patut di dukung dari berbagai pihak. Salah satunya Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus melaksanakan praktek pengalaman lapangan di Desa Jrahi Gunungwungkal Pati.

Mahasiswa dari program studi manajemen dakwah (MD) dan pemberdayaan masyarakat Islam (PMI) melaksanakan banyak program untuk mempromosikan keberadaan Desa Wisata Jrahi sebagai desa Pancasila karena berbagai keberagaman masyarakat dan toleransi antar umat beragama yang sangat patut dicontoh dikala makin banyaknya intoleran dimana mana.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Miko Adi Setyawan, Amd.Par selaku kepala desa Jrahi, “Masyarakat desa Jrahi sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama, adanya perbedaan di tengah masyarakat bisa menjadi satu, seperti nilai-nilai Pancasila melekat dalam diri masyarakat. Sehingga desa Jrahi terkenal dengan sebutan desa Pancasila, karena banyak keberagaman dan toleransi antar umat beragama”

Perlu diketahui bersama, bahwasanya penduduk desa Jrahi ada yang beragama Islam, Kristen, Budha, dan aliran-aliran kepercayaan. Meskipun begitu, toleransi antar umat beragama patut dicontoh.


Mahasiswa IAIN Kudus pada hari Sabtu 28 Agustus 2021 kemarin melakukan kegiatan bakti sosial di tempat ibadah yang ada di desa Jrahi bersama dengan segenap masyarakat dalam hal ini karang taruna serta dibantu oleh segenap anggota kepolisian dari Polsek Gunungwungkal dan anggota TNI dari Koramil Gunungwungkal. Selain itu juga mengkampanyekan protokol kesehatan dengan cara pembagian masker kepada masyarakat, supaya menghentikan penyebaran pandemi covid-19.

Sementara Moh Asror selaku dosen pembimbing lapangan mengapresiasi dan mendukung penuh program kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa IAIN Kudus. “Saya harap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan temen-temen mahasiswa dapat belajar mengenai toleransi antar umat beragama masyarakat desa Jrahi ini.” Demikian tambahan dari DPL PPL IAIN Kudus tersebut. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :