Ini Hasil Kunjungan Petani Porang Kudus ke Plt Bupati

oleh -208 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kedatangan para petani porang kudus yang tergabung dalam Aspeporin (Asuhan Pemberdayaan Porang Indonesia) Kudus disambut istimewa Plt Bupati Kudus HM Hartopo di pendopo pemkab Kudus.

Rombongan didampingi langsung Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus, Catur Sulistiyanto S.Sos MM bersama Kabid Tanaman Pangan Perkebunan , Dewi Masitoh dan Kasie Tanaman Pangan , Arin Nikmah, Kamis (17/12/2020).

HM Hartopo meminta pada bagian protokol Pemkab Kudus untuk mempersilahkan rombongan masuk ke ruang tamu bagian dalam Pringgitan, bukan di ruang tamu umum atau bagian depan. “ Bapak ( Plt Bupati Kudus) yang minta supaya masuk dan diterima di dalam. Istimewa ini petani porang Kudus ,” ucap Bagian Protokol.

Audiensi terkait dengan rencana kedepan program pengembangan porang ini berlangsung selama satu jam dan diawali laporan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus. “ Kami di Dinas Pertanian dan Pangan nanti tahun 2021 mencanangkan porang sebagai tanaman unggulan. Sebab potensi kesejahteraan untuk petani semakin terbuka, karena porang ini juga menjadi program nasional pada Kementerian Pertanian RI ,” terang Catur Sulistiyanto.

Kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan para pengurus Aspeporin Kudus serta petani yang sudah menanam porang. Sebagai perwakilan adalah Sumakno, petani senior asal Desa Kedungsari Kecamatan Gebog dan Nur Ahmad, petani milenial dari Desa Japan Kecamatan Dawe. Budiono, selaku Ketua Aspeporin Kudus, menyampaikan bahwa tanaman porang ini menyimpan potensi tersembunyi yang harus segera digarap untuk mensejahterakan para petani. Pasalnya, sekarang kebutuhan porang untuk untuk masih sangat berkurang. Padahal tanah di Kudus cocok untuk budidaya tanaman porang.

“Porang ini mudah tumbuh dan perawatannya sangat simpel. Karena memang habitatnya di area hutan dengan banyak naungan. Sehingga mudah dikerjakan oleh petani untuk memaksimalkan lahan-lahan tidur. Karena itu, kami berharap pada pak Hartopo untuk melakukan penanaman simbolis sebagai dukungan untuk pengembangan tanaman porang di Kudus ,” kata Budiono. “ Siap saya.

Naik sepeda motoran juga siap ke lokasi tanam ,” sahut HM Hartopo menanggapi Budiono. “ Saya mulanya belum tahu ini porang apa. Ternyata setelah dijelaskan, banyak sekali manfaatnya ,” tukasnya.

Mantan anggota DPRD Kudus ini kemudian “menodong” petani milenial porang untuk bercerita pengalamannya. Sebab , petani muda saat berhasil akan menjadi contoh para pemuda lainnya. “ Selama ini kan petani bukan menjadi pilihan dari para pemuda.

Sehingga petani sekarang sudah berusia tua. Nah, nanti kami akan mendukung penuh program Aspeporin melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kudus. Pak Catur ( Kadispertanpangan), ini nanti didukung penuh dan bersinergi. Apa yang njenengan butuhkan, insyallah kami akan membantu untuk meningkatkan kesejahteraaan petani porang ,” jelas HM Hartopo sambil menoleh ke Kadispertanpangan . (AJ/YM)

Sumber : Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :