Ini Rahasia Menyantap Hidangan Lezat Nasi Pindang Khas Kudus

oleh -1,310 kali dibaca
Foto: Kuliner khas Kudus Nasi Pindang dengan berhias hijau daun melinjo. (ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sangat tidak asing dengan kuliner khas Kabupaten Kudus yang bernama Nasi Pindang. Disajikan dalam piring ukuran pas di perut dengan penyajian menggunakan daun pisang pada dasar piring, serta warna hijau cerah daun melinjo dan kuah coklat membuat makanan ini memiliki daya pikat sempurna.

Ternyata, untuk menikmati hidangan Kuliner khas ini ada beberapa tahapan yang harus dilakukan agar cita rasa khas Nasi Pindang ini tidak begitu saja menguap. Berikut tahapan yang sebaiknya jangan sampai dilewatkan.

1. Berdoa sebelum makan itu wajib Lur… Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan atas kesehatan yang diberikan serta menu yang akan disantap memberikan berkah kepada kita.

2. Pastikan mendasari piring dengan daun pisang, agar aroma khas tidak lekas menguap sehingga mampu membangkitkan peningkatan selera makan sebab daun pisang mampu menjaga detail rasa pada hidangan Nasi Pindang. Sedangkan warna daun hijau segar, mampu menonjolkan hidangan sehingga memberikan kesan sedap saat mata memandang.

3. Sambel kecap mendominasi rasa pedas dan manis pada sajian gurih Nasi Pindang, sehingga pemberian Sambel Kecap tak bisa diabaikan untuk meningkatkan selera makan. Terutama bagi pecinta masakan pedas, penambahan sambel kecap cukup menghadirkan sensasi “berdesis” namun tidak menghilangkan rasa khas bumbu Kluwak yang menjadi bahan utama.

4. Penambahan kecap bisa menjadi alternatif pilihan, ketika penikmat kuliner ini tidak menyukai rasa pedas, tentu dengan penambahan kecap mampu memberikan rasa khas ketika mendarat di lidah.

5. Daun melinjo yang hijau lembut ketika turut disantap bersamaan dengan nasi dan kuah akan menetralisir rasa gurih manis, sehingga mampu mengurasi rasa enek, jadi keberadaan daun melinjo bukan hanya sebagai hiasan namun benar-benar menjadi pelengkap hidangan yang saling memberikan sensasi kesempurnaan hidangan khas Kota Kretek ini.

6. Daging kerbau yang lembut telah melalui proses masak tersendiri, sehingga keberadaanya memberikan kelengkapan nutrisi pada hidangan ini.

7. Kerupuk dari kulit atau tempe goreng tak bisa diabaikan sebagai lauk pendamping, agar menikmati hidangan khas Kudus ini lebih mantab.

Jangan lupa bersyukur ketika hidangan telah habis disantap semoga kita semua selalu diberikan kesehatan. Pastikan berbagi pengalaman ketika menyantap hidangan khas dimana saja. (MR)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.