Inovasi Bank Sampah di Desa Kesambi, Pilah Sampah Bisa Ditukar Telur Ayam

oleh -204 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Bank sampah di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus mendapatkan banyak apresiasi karena inovasi yang bagus. Seperti program tukar sampah rumah tangga jadi telur ayam yang diinisiasi Bank Sampah Desa Kesambi, posyandu, dan karang Taruna setempat.

Ketua PKK Kabupaten Kudus Mawar Hartopo saat menilik inovasi bank sampah, pilah sampah tukar jadi telur ayam, di Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo.

Inovasi ini mendapatkan respon yang baik dari masyarakat, terutama oleh mereka yang kurang mampu. Program tukar sampah jadi telur ayam juga dinilai sangat bagus dalam upaya pemenuhan gizi balita.

Koordinator Karang Taruna, Egi, menjelaskan, penukaran sampah jadi telur ayam ini dilakukan setelah sampah dipilah oleh mereka. Kemudian, sampah tersebut ditimbang dan dihargai perkilo sesuai dengan harga yang ditetapkan.

“Inovasi program Pilsantuy ini adalah pilah sampah rumah tangga untuk ditukar telur ayam, ide ini berawal dari kader posyandu dan karang taruna dengan didukung desa,” ujarnya saat penyelenggaran Lomba 10 Program PKK di Desa Kesambi, Selasa (22/03/2022).

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2021 tersebut dilaksanakan setiap seminggu sekali pada Sabtu Sore. Program ini juga berjalan lancar berkat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Kesambi.

“Inovasi ini dijalankan mulai 2021 dan langsung mendapatkan dukungan dari pemerintah desa,” tuturnya.

Sementara itu, Salah satu kader Posyandu, Nurhayati, menuturkan, program inovasi memilah sampah untuk ditukar telur merupakan hasil kerjasama posyandu dengan karang taruna dan Bank Sampah Yodha Deshi.

Selain membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Program pilah sampah jadi telur ini juga dinilai baik untuk mendukung upaya pemenuhan gizi balita dan pencegahan stunting.

“Masyarakat sangat support sekali karena telur ayam dikonsumsi untuk tambahan gizi anak-anak,” ucapnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :