Insya Allah Ketetapan Awal Bulan Ramadan Muhammadiyah dan NU Diperkirakan Sama

oleh -967 kali dibaca

Kudus, isknews.com – (31/5) Penentuan awal bulan puasa (1 Ramadan 1437 H) di Indonesia nantinya akan dilaksanakan pada 06 Juni 2016, Meskipun pemerintah belum menetapkan awal Ramadhan 1437 H serta melaksanakan sidang isbat pada 05 Juni 2016 sore.

Hal ini disampaikan Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kabupaten Kudus yang sekaligus Ketua Badan Hisab dan Rukyat Kabupaten Kudus Drs H Sulthon pada isknews com saat ditemui kantornya, Senin (30/5) kemarin. Menurutnya ntuk tahun ini ketetapan awal bulan Ramadan itu diperkirakan antara Muhammadiyah dan NU jatuh pada 06 Juni 2016, meskipun begitu nantinya tetap harus menunggu ketetapan pemerintah melalui sidang isbat.

“Ketetapan jatuhnya awal Ramadan diperkirakan antara Muhammadiyah dan NU sama, sehingga tahun ini tidak ada perbedaan seperti tahun – tahun yang sebelumnya. Meskipun begitu ketetapan awal Ramadan harus menunggu dari pemerintah kapan jatuhnya awal ramadan nantinya” terangnya.

Sulthon menambahkan, meskipun peluang terjadi kegagalan melihat hilal dalam melaksanakan Rukyatul hilal akibat cuaca di Indonesia masih dalam status musim penghujan, namun ketetapan awal bulan puasa yang jatuh bersama – sama, ketetapan awal bulan syawal juga disampaikan nantinya jatuh secara bersama – sama.(SM/MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :