IPNU IPPNU Kudus Gelar Seleksi SKB LAKUT, Diikuti Peserta Berbagai Daerah

oleh -408 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) bersama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kudus menggelar Sekolah Kader Berkelanjutan (SKB) Latihan Kader Utama (LAKUT) 2021. SKB 1 ini diikuti peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah diantaranya Pati, Demak, dan Tegal.

“Bertempat di gedung MWC NU Jekulo, SKB 1 ini diikuti sebanyak 49 calon peserta LAKUT,” ungkap M. Felik Afifuddin Ketua PC IPNU Kudus, Sabtu (11/9/2021).

Menurutnya, seleksi LAKUT pada tahap SKB ini akan dilaksanakan sebanyak 4 kali. Pada SKB 1 ini mencakup materi ta’aruf, analisa diri, tugas posisi tanggung jawab dan bina suasana kader utama.

Felik, sapaan akrabnya, LAKUT merupakan pengkaderan formal tertinggi di IPNU IPPNU. LAKUT
terakhir dilaksanakan di IPNU IPPNU Kudus pada tahun 2016. Selanjutnya 5 tahun tidak bisa dilaksanakan karena ada peraturan dari Pimpinan Pusat (PP) bahwasanya LAKUT hanya dapat dilaksanakan di Pimpinan Wilayah (PW) setempat.

“Syukur alhamdulillah tahun 2021 ini, ada peraturan baru dari PP kalau LAKUT boleh dilaksanakan di PC yang tentunya dengan berbagi syarat yang ketat, salah satunya adalah setiap Pimpinan Ranting (PR) tingkat desa mampu mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). LAKUT tahun ini dilaksanakan pada tanggal 6-9 November 2021,” imbuhnya.

Felik mengungkapkan bahwasanya dalam penjaringan peserta LAKUT ini ada berbagai tahapan dimulai dari seleksi berkas, tes tertulis, interview, uji karya tulis ilmiah, dan sekolah kader berkelanjutan (SKB) sebanyak 4 kali.

“Calon peserta harus mengikuti seluruh rangkaian seleksi LAKUT agar dapat dinyatakan lolos menjadi peserta,” kata Prayoga Noor Rizki, Wakil Ketua Kaderisasi PC IPNU Kudus.

Menurut dia, panitia akan meloloskan peserta sebanyak 45 orang yang telah mengikuti penuh seluruh rangkaian seleksi dan dinyatakan lolos jadi peserta.

“Dengan diadakannya LAKUT, kita berusaha untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM) kader. Output dari LAKUT nantinya agar dapat mengurai problematika yang ada di lingkungan setempat,” terangnya.

Peserta Dari Berbagai Daerah

M. Ulil Albab Maulida, calon peserta LAKUT dari Kabupaten Demak mengatakan bahwa motivasi mengikuti LAKUT ialah untuk menuntaskan pengkaderan IPNU sampai atas dan lebih menjiwai tentang IPNU IPPNU.

“Saat perjalanan ke Kudus naik motor selama 50 menit. Berangkat dari rumah pukul 12.20 WIB sampai Kudus pukul 13.10,” tambahnya.

“Harapannya untuk meningkatkan kualitas diri dengan cara ikut pengkaderan LAKUT. Berusaha menyalurkan ilmu yang saya dapatkan dari LAKUT ini, selanjutnya saya terapkan di PC IPNU IPPNU Demak,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :