IRT dan Perempuan Produktif di Lau Dawe Kudus ikuti Pelatihan Kreasi Jajan Pasar

oleh -1,171 kali dibaca
Foto: ist.

Kudus, isknews.com – Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kudus memberikan pelatihan kreasi jajanan pasar. Sasaran utama program ini ialah ibu rumah tangga dan perempuan produktif di yang ada di Desa Lau.

Koordinator Kampung Budaya Piji Wetan Muchammad Zaini menjelaskan pelatihan pembuatan jajanan pasar ini penting untuk meningkatkan keterampilan ibu-ibu agar semakin produktif.

“Lebih bagus lagi kalau nantinya bisa dijual dan menjadi penghasilan tambahan,” ungkapnya pada pembukaan Pelatihan Pembuatan Jajanan Pasar di Kampung Budaya Piji Wetan, Desa Lau, Dawe, Kudus, Selasa (06/02/24).

Lebih lanjut, ia menceritakan beberapa kisah tentang asal usul kuliner lokal. Termasuk bagaimana orang dahulu mengkreasikan jajanan pasar kemudian mewariskannya kepada orang sekarang.

“Tidak hanya rasanya yang enak, tapi juga bentuknya yang unik dan ramah lingkungan. Itu penting kita pelajari kembali secara lebih serius agar kita bisa mewariskan kekayaan kuliner khas kita kepada generasi selanjutnya,” papar Zaini.

Senada dengan Zaini, Perwakilan BLK Sri Riswati menilai penting untuk mengembangkan jajanan pasar agar naik kelas. Menurutnya ibu-ibu di Piji Wetan ini berpotensi untuk mengupayakan hal itu agar bisa mengangkat ekonomi kerakyatan.

“Niatkan ikut pelatihan ini tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk masyarakat luas dengan cara mengangkat ekonomi warga dengan jajanan pasar,” ujar Sri.

Lebih lanjut, ia menjelaskan pelatihan ini akan berlangsung selama 18 hari dan dimentori oleh LPK Yulia. Ia berharap ke depan kerjasama ini akan sukses dan berkembang. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :