Jadi Ketua APSI Kudus, ini Gebrakan Dr. Eni Kuswati

oleh -1,418 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Ketua Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Kabupaten Kudus yang baru periode 2021 – 2026, Dr. Eni Kuswati, M.Pd bersama para pengawas lainnya berkeinginan memajukan pendidikan di Kudus serta menuju ke arah yang lebih baik.

Hal itu dikatakannya usai dilantik Ketua APSI Jawa Tengah, Dr. Edi Drajat Wiarto, M.Pd di Gedung PBG Kudus, Kamis (7/10/2021)

Selain ketua APSI Jatengturut hadir Kepala Disdikpora Kudus Harjuna Widada, Sekdin Disdikpora Dian Vitayani Winahyu serta perwakilan dari Kemenag Kudus.

Eni melanjutkan, Program – program pendidikan harus selaras dan sejalan dengan Kemendikbud. Sementara untuk pengembangan kompetensi, karir dan kepangkatan bagi para pengawas sekolah, juga akan dibantu oleh APSI ini. Salah satunya dengan melakukan kegiatan webinar, bintek dan workshop untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme mereka.

“Tahun lalu banyak pengawas yang terhenti kepangkatannya, maka kami akan membantu para anggota untuk bisa membuat jurnal dan bedah buku. Termasuk aksi – aksi yang membangun untuk mengibarkan bendera APSI Kudus melalui medsos supaya dapat lebih dikenal oleh masyarakat dalam berperan serta untuk masyarakat khususnya di dunia pendidikan,” tuturnya.

Untuk program jangka pendek ini, pihaknya akan membuat webinar terkait kepengawasan, strategi dan tehnik pengawasan. Lalu melakukan studi banding ke kota atau kabupaten maupun provinsi yang sukses dalam pelaksanaan program mensejahterakan anggota APSI.

“Dalam organisasi APSI ini kami menegaskan tidak mau terpengaruh ataupun terseret serta ditumpangi untuk kepentingan politik apapun. Kami tidak mau untuk berpolitik ataupun digiring ke arah politik. Karena kami harus profesional, “ tegas Dr. Eni.

Dalam pelantikan tersebut, sebanyak 50 orang dilantik dan diambil sumpahnya yang merupakan pengawas dari mulai Paud, SD/MI, SMP/MTs hingga SMA/SMK/MA. Mereka dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua APSI Jateng, Dr. Edi Drajat Wiarto, M.Pd. Dalam kegiatan ini, menetapkan pengawas SMP Dr. Eni Kuswati, M.Pd menjadi ketua APSI Kabupaten Kudus periode 2021 – 2026.

Usai acara tersebut, Ketua APSI Jateng Dr. Edi Drajat Wiarso mengatakan pelantikan pengurus APSI Kabupaten Kudus ini merupakan yang ke 28 di Jateng. APSI kata Dr. Edi Drajat merupakan satu – satunya organisasi profesi pengawas sekolah. Dia berharap banyak, dengan kehadiran APSI Kudus ini dapat memberikan warna untuk menyumbangkan saran dan pemikiran terkait pendidikan sehingga pendidikan di Kudus ini bisa lebih maju dan harmoni.

“Saya berharap apa yang menjadi program dan hasil karya nyata dari kepengurusan APSI Kabupaten Kudus ini bisa nampak sehingga seperti organisasi profesi lainnya. Walaupun organisasi profesi APSI ini tergolong masih muda keberadaanya dibandingkan organisasi profesi yang lain,” kata Dr. Edi Drajat.

Sementara itu Kepala Disdikpora Kudus, Harjuna Widada berharap keberadaan kepengurusan APSI Kudus yang baru ini dapat membawa dunia pendidikan lebih maju serta selalu berkoordinasi dengan pihaknya. Apalagi dengan adanya pandemi sehingga peran pengawas sekolah ini juga sangat penting untuk tetap membuat dunia pendidikan bisa lebih maju.

“Saya juga berpesan kepada para pengawas agar selama pandemi dan PTM terbatas juga sudah berlangsung maka tetap untuk mengingatkan pentingnya prokes ditiap sekolah. Prokes harus lebih diperketat apalagi Kudus kini juga naik menjadi level 3,” pesan Harjuna. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :