Jalan Diperbaiki Arus Lalu Lintas Kudus – Jepara di Jalan Lingkar Tenggara Tersendat

oleh

Kudus, isknews.com – Arus lalu lintas di jalan lingkar tenggara, mengalami ketersendatan, akibat adanya perbaikan jalan jurusan Kudus – Jepara. Selain tersendat, perbaikan berupa pengecoran itu juga menimbulkan terjadinya antrian kendaraan berat, truk dan mini bus, serta roda dua, karena rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, memberlakukan sistem buka tutup pada separoh jalan.

Pemantaun isknews.com, Sabtu (02/09), bagian ruas jalan yang sudah dicor, diawali sekitar lima kilometer dari pertigaan Jalan R Agil Kusumadia. Pada bagian ujung di sebelah timur itu, dipasang pasang pengalang dari bambu di muka jalan yang sudah dicor, sehingga arus lalu lintas dari arah Kudus, hanya bisa melewati separoh jalan yang belum diperbaiki. Semua kendaraan harus antri satu per satu saat memasuki jalan tersebut. Demikian pula yang terjadi pada arus lalu lintas dari arah sebaliknya, Jepara, harus antri menunggu giliran. 

 

TRENDING :  Penderita Gagal Ginjal Harus Lakukan Diet


Menurut salah satu pengatur arus lalu lintas yang ditugasi oleh rekanan, berapa lama waktu pemberlakuan sistem buka tutup itu, tidak bisa ditentukan dalam hitungan menit atau jam. Jika kendaraan yang lewat dan memasuki jalan dari arah barat sudah habis, maka kendaraan dari arah timur diberi aba-aba untuk lewat.
Karena menunggu giliran itulah, terjadi antrian cukup panjang hingga mencapai sekitar satu kilometer dari masing-masing arah jalan lingkar tenggara itu, terutama kendaraan berat seperti truk, juga kendaraan jarak jauh seperti bus mini, mobil pribadi dan kendaraan roda dua. Dari penelusuran isknws.com, ruas jalan yang sudah dicor baru sekitar 3 kilometer, dari keseluruhan jalan lingkar sepanjang sekitar 13 kilometer.


Pada papan proyek yang terpasang di lokasi, OPD selaku pengadaan proyek adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus. Kegiatan pembangunan/rehabilitasi Jalan R Agil Kusumadia – Mijen itu, menelan anggaran sebesar Rp9.835.000.000, sumber dana dari APBD Kabupaten Kudus TA 2017. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :