Jantung Satuan Pendidikan, Pengisian Dapodik oleh Sekolah Diminta Serius

oleh -93 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pengisian data pokok pendidikan (dapodik) oleh masing-masing satuan pendidikan atau sekolah diminta untuk segera dirampungkan. Hal ini mengingat bahwa pengisian data pada aplikasi dapoduk sangatlah penting terhadap sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Harjuna Widodo, menyampaikan, setiap sekolah yang terdaftar di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) wajib mengisi data pada aplikasi dapodik.

Hal ini berkaitan dengan data penting sekolah, seperti, dasar pemberian dana BOS APBN, data siswa, data guru dan tenaga kependidikan, persiapan assesmen serta tunjangan guru.

“Sehingga diharapkan semua sekolah dapat mengisi data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya, Rabu (13/04/2022).

Kepala SDN 3 Purwosari, Sabani, mengungkapkan, pengisian data dapodik di sekolah setempat selalu dikerjakan sesuai dengan penjadwalan yang diberikan.

Pengisian data dapodik pun disebut Sabani telah rampung dan lengkap, sesuai dengan data yang dimiliki dan yang ada di lapangan. Meskipun, pihaknya tidak menampik bahwa dalam proses pengisian data dapodik terkadang mengalami kendala server.

“Kalau pas ngisi barengan atau pas hari itu semua sekolah buka dapodik itu kadang servernya susah,” katanya.

Kendati demikian, kendala server tersebut bisa diatasi dengan baik. Walaupun dia mengungkapkan memang harus kerja lembur hingga dini hari untuk mengejar target waktu rampung yang telah ditetapkan.

“Kalau boleh mengusulkan untuk kendala terkait server yang kadang tidak stabil karena digunakan oleh seluruh Indonesia, ya bagaiman itu nanti solusinya agar pengisian data dapodik yang lancar bisa dilakukan di jam kerja dinas,” harapnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Operator SDN 3 Purwosari, Siti Na’imatul Mu’aminah, pengisian data dapodik hanya terkendala server ketika penjadwalan pengisian dilakukan secara serentak oleh seluruh Indonesia.

Namun, selain hal itu, tidak ditemukan kendala yang berarti. Pun dengan perampungan pengisian data dapodik tetap bisa dilakukan tepat waktu.

“Tapi memang butuk waktu ekstra, biasanya lemburan sampai dini hari,” ujarnya.

Sejauh ini, proses pelengkapan data dapodik sudah dilakukan. Adapun data yang diisi menggunakan aplikasi Dapodik versi 2022.d, antara lain, data sekolah, data siswa, dan data guru.

“Data sekolah seperti sarana dan prasana sekolah, kalau data siswa dan data guru terkait biodata. Garis besarnya seperti itu,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :