Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Kudus Diperiksa Kesehatannya

oleh -521 kali dibaca
Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kudus, Sunardi memeriksa langsung kondisi hewan kurban di pasar Hewan Kudus, Selasa (13/07/21).

Kudus, isknews.com – Jelang hari raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus terus berupaya menjaga kualitas daging hewan kurban yang bakal digunakan untuk hari raya Idul Adha mendatang.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kudus, Sunardi memeriksa langsung kondisi hewan kurban di pasar Hewan Kudus, Selasa (13/07/21). Kedatangannya ke pasar hewan ini selain untuk memeriksa kondisi fisik hewan kurban juga memastikan para pedagang melaksanakan protokol kesehatan. Yakni mencuci tangan dan memakai masker serta meminimalkan jumlah pedagang. Sedangkan yang tidak memakai masker maka diberikan masker ke pengunjung.

Kalau dulu satu hewan kurban bisa ditunggui 3- 4 orang. Sekarang harus dibalik, satu pedagang menunggui 3-4 hewan kurban. Ini sebagai upaya pergerakan ekonomi tetap berjalan, tapi juga melaksanakan protokol kesehatan ,” kata Sunardi disela-sela memeriksa hewan kurban. “Bapak-bapak yang tidak memakai masker, ini monggo maskernya dipakai ,” lanjutnya sambil memberikan masker.

Semua hewan kurban, baik kambing, kerbau dan sapi setelah diperiksa kondisinya lalu diberikan label sehat. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan kondisi fisik daging yang akan dinikmati warga. Sebelum meninggalkan pasar hewan, harus melalui penimbangan untuk memastikan berat hidupnya.

“Tapi tugas kita tidak hanya pemeriksaan fisik, setelah hewan kurban dipotong kita juga memberikan pelayanan pemeriksaan jerohan. Kalau tidak sehat maka tidak boleh diberikan tetapi dimusnahkan. Melalui Bidang peternakan kita menerjunkan tim pemeriksa ke masyarakat yang melaksanakan pemotongan hewan kurban ,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Peternakan, Agus Setiawan, menambahkan bahwa hewan hewan besar sudah dilakukan pemeriksaan semua dan tidak ditemukan yang sakit. Sehingga layak menjadi hewan kurban. “ Semua sehat dari pemeriksaan tim kita. Tidak ditemukan yang tidak layak ,” jelas Agus Setiawan.

“Untuk kambing juga alhamdulilah sehat semua dan kita berikan label keterangan sehat ,” tukas Dwi Listiani, Kasie Produksi Bidang Peternakan usai memeriksa jenis Kambing. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :