Jelang Idul Adha, Kesiapan Rumah Potong Hewan di Kudus Semakin Dimatangkan

oleh -520 kali dibaca
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus,Sunardi, saat meninjau rumah potong hewan (RPH).

Kudus, isknews.com – Kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Kudus pada Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus untuk menerima pemotongan hewan kurban Idul Adha 1442 H semakin dimatangkan dengan pemasangan lampu penerangan. Sebab pemotongan hari kedua dan ketiga akan dilaksanakan malam hari. Sehingga pembagian daging kurban bisa langsung dilakukan pada pagi harinya ke masyarakat.

Setelah kondisi RPH diperiksa langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kudus,Sunardi, akhir pekan lalu, sekarang semua peralatan dan kelengkapan diperiksa oleh Kepala Bidang Peternakan pada Dinas Pertanian dan Pangan, Agus Setiawan didampingi Kepala UPT RPH, drh Anton Cahyono.

“Untuk hari pertama Idul Adha kan tanggal 20 sedang PPKM, jadi kita tidak melayani disini. Tetapi kita memberikan pelayanan pemeriksaan antemortem dan post mortem di tempat-tempat yang sudah mengajukan surat permohonan ke kami. Kita sudah bagi tiga tim untuk berkeliling guna pelayanan pemeriksaan daging hewan kurban. Baru kemudian di RPH ini pada hari kedua tanggal 21 dan ketiga tanggal 22 melayani pemotongan hewan kurban,” jelas Agus Setiawan usai mencoba mesin hidrolik killing box.

Selain itu juga dilakukan pengecekan penerangan sekitar gedung RPH. Sebab saat ini banyak yang mendaftarkan hewan kurbannya sehingga akan dilakukan pemotongan pada malam hari.

“Sampai siang ini sudah terdaftar 23 hewan kurban. Kita akan bagi pada tanggal 21 (hari kedua) itu 15 ekor dan hari ketiga 8 ekor. Kemungkinan masih akan bertambah karena Idul adha masih minggu depan ,” tukas Anton Cahyono disamping Agus Setiawan.

Dijelaskan, RPH ini selain peralatan lengkap juga terdapat IPAL. Sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan apabila dilakukan pada masyarakat masing-masing. (AJ/YM))

KOMENTAR SEDULUR ISK :