Jelang Idul Adha, Pemkab Kudus Pantau Kondisi Hewan Kurban

oleh
Sejumlah tim dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus saat melakukan pemantauan hewan kurban di pasar hewan Gulang, Mejobo Kudus, Rabu (8/7/2020) pagi.

Kudus, isknews.com – Sebagai antisipasi adanya penyakit pada hewan menjelang Idul adha 1441 Hijriah, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus melakukan pemantauan kondisi hewan kurban di tempat-tempat penampungan ternak.

“Kami bersama tim sejak bulan Juni  telah melakukan pemantauan kesehatan hewan kurban di tempat-tempat penampungan ternak, pedagang maupun pengepul,” ujar Indriatmoko, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus saat ditemui wartawan di pasar hewan Gulang, Mejobo Kudus, Rabu (8/7/2020) pagi.

TRENDING :  Pendaftaran Jabatan Kepala Dinas di Pemkab Kudus Dimulai

Menurut dia, pemantauan hewan kurban di tempat penampungan ternak tersebut sebagai antisipasi adanya penyakit hewan menular terutama ternak yang didatangkan dari luar daerah dan beredar di masyarakat, mengingat ternak yang untuk dipotong pada hari raya Idul Adha harus dipastikan sehat.

TRENDING :  Ipda Subkhan: Pilihan Boleh Beda, Tapi Kita Tetap Bersaudara

Selain itu, juga memastikan kondisi hewan kurban sehat, pemantauan ini juga untuk mendeteksi sedini mungkin penyakit hewan. Sejauh ini, lanjut Indriatmoko, kondisi hewan kurban selama pemantauan dalam keadaan baik, aman dan sehat.

Sedangkan kisaran harga hewan kurban jelang hari raya kurban cenderung naik, untuk kerbau kisaran harga Rp23 juta, Sapi antara Rp21 juta hingga Rp25 juta. Sedangkan kambing kisaran Rp3 juta hingga Rp3,5 juta, “Harga variatif, tegantung bobot dan jenisnya,” paparnya.

TRENDING :  Sosialisasi Lanjutan Program TKGS Bersama Bupati Kudus

Perbedaan dengan tahun lalu, diperkirakan pembeli tahun ini menurun, karena kaum muslimin yang berkurban-pun juga berkurang, akibat dialihkannya untuk kebutuhan sehari-hari akibat pandemi. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :