Jelang Idul Adha, Pemkab Kudus Periksa Kesehatan Hewan Qurban

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah/11 Agustus 2019 mendatang, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban yang dijual di sejumlah lokasi, baik di di pasar hewan maupun di sejumlah peternak hewan, baik kerbau, sapi maupun kambing.

Petugas menyidak dua lokasi tempat penjualan hewan ternak qurban di wilayah Kudus, Kamis (8/8/2019). Lokasi pertama petugas menyambangi tempat penjualan hewan ternak di Pasar Hewan lingkar Kudus. Lokasi kedua di pengepul-pengepul, purworejo, ngembal kulon dan pengepul yang lain.

Sebelumnya, Petugas juga memeriksa hewan kurban di wilayah Kaliwungu, Purworejo Kecamatan Bae dan desa lainnya. Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas menyatakan hewan ternak sapi dan kambing yang telah dipesan oleh peserta qurban layak dan memenuhi syarat untuk dipotong saat idul adha nanti.

TRENDING :  Penentuan Awal Bulan Rajab 1437 H Jatuh Pada Besok

“Hewan tersebut dinyatakan layak dan memenuhi syarat dilihat dari umur hewan Seperti sapi layak jika umurnya diatas 1 tahun setengah sementara kambing jika sudah berumur satu tahun lebih dan dilihat dari fisik hewan hewan tersebut sudah berganti gigi atau poel,” kata Kabid Peternakan pada Dinas Peternakan dan Pangan, Indriatmoko.

TRENDING :  14 Penghafal Quran Pesantren Tahfidz

Setelah diperiksa, petugas memberikan neck tag atau tulisan “Sehat” pada hewan kurban sebagai tanda bahwa hewan kurban tersebut telah diperiksa petugas. Selain itu, petugas juga memberikan surat keterangan bahwa hewan tersebut telah diperiksa dan dinyatakan layak untuk dijadikan hewan qurban.

Sementara Kasi Produksi dan Kesehatan Ternak pada Bidang Peternakan Sidi Pramono menambahkan, Edukasi tentang kewaspadaan pada penyakit menular hewan ke manusia seperti keguguran (bruceloosis), anthrax, parasit darah dan kolera juga dilakukan ke masyarakat, peternak dan pedagang. Dengan mengoptimalkan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE).

TRENDING :  Sosok Polisi Teladan! AKBP Tugiyanto Tak Pernah Ambil Cuti Hingga Pensiun

Pihaknya juga telah mengambil sampel darah pada beberapa hewan ternak. Pengecekan kesehatan dilakukan pekan lalu di Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Desa Klumpit, Kecamatan Gebog serta Desa Bacin, Kecamatan Bae. “Secara umum, kondisi hewan ternak dalam keadaan baik,” pungkasnya. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :