Jelang Imlek, Ini Persiapan Kelenteng Hok Hien Bio Kudus

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM — Menjelang perayaan tahun baru China atau yang biasa disebut Imlek, masyarakat Tionghoa lakukan tradisi bersih – bersih kelenteng atau vihara. Hampir seluruh tempat peribadatan masyarakat tionghoa mulai sibuk dengan aktivitas masing-masing.

Seperti salah satunya yang dilakukan pengurus Tempat Ibadat Tri Dharma (TITD) Hok Hien Bio Kudus di Jalan A Yani Kudus, Minggu (3/2/2019) pagi.

Dari beberapa hari yang lalu, para pengurus terlihat sibuk mempersiapkan segala hal menyambut datangnya perayaan Imlek yang jatuh pada 05 Februari 2019. Mulai dari bersih-bersih, memandikan patung dewa hingga memperbaiki fasilitas yang ada.

TRENDING :  April 2018 Kudus Alami Inflasi 0,01 Persen, Ini Penyebabnya

Jefri Halim, Ketua Yayasan TITD Hok Hien Bio Kudus mengatakan, kegiatan bersih-bersih kelenteng merupakan agenda rutin yang dilakukan jelang imlek oleh para umat, “Kegiatan ini sengaja dilakukan saat hari Minggu terakhir mendekati imlek,” katanya.

TRENDING :  Kesadaran Buruh Menjaga Keselamatan Diri Masih Minim

Di tahun Shio Babi ini, Jefri berharap masyarakat dihimbau untuk berbuat baik kepada sesama biar lingkungan menjadi lebih baik. “Berbuat baik akan menghindari perpecahan,” paparnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan TITD Hok Hien Bio Kudus, Eng Bie menambahkan, tradisi bersih – bersih seperti ini dilakukan tiap tahun menjelang perayaan Imlek. Semua dibersihkan bahkan sampai memandikan patung dewa.

“Tradisi seperti ini dilakukan tiap tahun, dari mulai membersihkan altar, guci – guci kuno, mencuci ornamen – ornamen yang terbuat dari kain, serta memandikan patung dewa,”ucapnya.

TRENDING :  Peringati Hari Peduli Autis Sedunia, Puluhan Anak Istimewa Mewarnai Kaos dan Senam Ceria

Selain itu, Perlakuan yang berbeda dilakukan manakala saat patung dibersihkan. “Cairan khusus digunakan untuk membersihkan patung yang terbuat dari kayu, sedangkan patung yang terbuat dari porselen digosok dan disikat dengan sabun pembersih.” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :