Jelang Imlek, Kelenteng Hok Hien Bio Kudus Bersih-Bersih Patung Dewa

oleh -644 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sepekan menjelang Imlek, salah satu kelenteng di Kudus yakni Hok Hien Bio melakukan tradisi bersih-bersih Kong Co (patung dewa). Sejumlah patung dewa dimandikan dan dibersihkan di sebelas altar yang ada di kelenteng.

Sejumlah pengurus kelenteng dari pagi hingga sore memandikan dan membersihkan patung dewa-dewi. Mereka membersihkan patung dewa mulai Dewa Bumi hingga Dewi Kwan Im.

Wakil Ketua Harian Yayasan Kelenteng Hok Hien Bio, Tirto Wijoyo, mengatakan kegiatan bersih-bersih patung para dewa-dewi dilakukan untuk menyambut Imlek.

“Dalam menyambut Imlek nanti, makanya kita harus bersih,-bersih. Supaya pas Imlek harus bersih,” kata Tirto Wijoyo, Minggu (15/1/2023).

Tirto Wijoyo menambahkan, perayaan Tahun Baru Imlek di Kelenteng Hok Hien Bio nantinya digelar secara sederhana. Ia menambahkan, doa bersama malam tahun baru Imleknya.

”Jadi Sabtu malam nanti ada doa bersama pukul 23.00. Kami juga membersihkan abu-abu sisa dari orang-orang berdoa. Diayak supaya bersih lagi, dan tiap tahun tidak diganti yang baru, memang hasil dari doa selama satu tahun,” ungkapnya

Menurutnya, saat pergantian tahun harus disambut dengan suka cita dan dalam keadaan bersih.

“Bersih-bersih ini juga menjalin kebersamaan antar Umat Tri Dharma di Kelenteng Hok Hien Bio Kudus. Selain itu juga ada anak-anak Satya Dharma Barongshai dan juga bantuan dari gereja Khatolik yang ada di Kudus,” terangnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :