Jelang Puasa Harga Sembako Semakin Melambung

oleh -841 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Menjelang bulan ramadan harga sembako di sejumlah pasar di Kudus terus mengalami kenaikan. Tidak hanya gula pasir yang meroket hingga Rp 15 ribu per kilogram, harga komoditas lainnya juga mengalami kenaikan. Meskipun naiknya tidak signifikan seperti gula pasir.

Menurut Kasi Perdagangan dalam Negeri Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disdagsar) Kudus Sofyan Dhuhri, kenaikan harga sejumlah komoditas masih dalam kategori wajar. Yang paling menonjol hanya kenaikan harga gula pasir dan bawang merah.

image

“Saat ini harga gula pasir Rp 15 ribu per kilogram yang semula 12.500 per kg. Sedangkan bawang merah semula Rp 35 ribu per kilogram sekarang naik tajam Rp 40 ribu per kilogram,” katanya kepada isknews.com, Kamis (12/5).

Selain itu, lanjut Sofyan, kenaikan juga terjadi pada jagung tadinya Rp 4 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 5 ribu per kilogram. Telur ayam naik Rp 500 per kilogram menjadi Rp 19.300, dan cabai merah Rp 21 ribu per kilogram yang semula hanya Rp 19.300 per kilogram.

Dirinya menambahkan, ada juga harga komoditas yang mengalami penurunan, yakni bawang putih turun Rp 300 per kilogram menjadi Rp 35 ribu per kilogram, dan cabai rawit yang semula Rp 12 ribu per kilogram menjadi Rp 11 ribu per kilogram.

“Untuk komoditas yang lain masih stabil tidak mengalami kenaikan, hanya saja kami masih terus memantau perkembangan harga. Apalagi mendekati bulan puasa, yang biasanya semua harga komoditas naik cukup signifikan,” jelasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :