Jelang Puasa Tradisi Bersihkan Makam Masih Kental

oleh -1,081 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Satu hari jelang Ramadhan 1438 H tradisi membersihkan makam keluarga yang sudah meninggal dunia tidak bisa ditinggalkan bagi masyarakat Pati.

Seperti yang terlihat di makam carum desa kuthoharjo kecamatan Pati kabupaten Pati, Kamis sore (25/05), ratusan ahli waris yang hendak membersihkan makam keluarganya berdatangan silih berganti.

Menurut petugas parkir musiman yang mengatur parkir pengunjung makam menuturkan ” Sudah hampir satu minggu keluarga yang hendak membersihkan makam keluarganya ramai berdatangan, ada yang dari desa sekitar ada pula yang dari luar kota karena sudah menjadi tradisi sebelum masuk Ramadhan makam keluarga yang sudah meninggal harus dibersihkan ” paparnya.

Makam carum yqng merupakan tempat pemakaman umum ini mempunyai luas sekitar 2 Ha dan digunakan oleh beberapa desa seperti desa Kuthoharjo, Sarirejo, Kalidoro sebagian Dengkek dan Gilis.

Salah satu peziarah dari desa Sarirejo mengatakan ” Membersihkan makam keluarga yang meninggal adalah tradisi turun temurun sekaligus mengirim doa kepada keluarga yang sudah meninggal, biasanya malah bisa berkumpul dengan keluarga yang berbeda desa karena mempunyai tujuan yang sama untuk membersihkan makam keluarganya ,” ceritanya usai membersihkan makam keluarganya. (Ww)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.