Jelang Ramadhan Harga Masih Stabil, Kebutuhan Daging Kerbau Dan Sapi Capai 2 Ton Per Hari

oleh -1,003 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Menjelang datangnya awal Ramadhan 1437 H – 2016 M, kebutuhan daging kerbau dan sapi di Kabupaten Kudus, dalam sehari mencapai sebanyak 2 ton. Untuk kondisi harga di pasar bisa, dalam beberapa hari ini, bisa dikatakan stabil, yakni untuk daging kerbu berkisar Rp 120.000 – Rp 130.000 per kilogram, daging kerbau berkisar Rp 120.000 – Rp 150.000 ribu per kilogram. Kebutuhan kerbau dicukupi perternak dari Kudus sendiri, namun untuk sapi, didatangkan dari Kabupaten Pati dan Boyolali.
Kepala Seksi (Kasie) Peternakan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kudus, Sakdiyah, yang dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Jumat (3/6), membenarkan hal itu. Menurut dia, kebutuhan 2 ton daging kerbau dan sapi itu disesuaikan dengan produksi per hari. “Untuk sapi local Kudus, produksi per hari sebanyak 16 ekor, sedangkan kerbau populasinya sebanyak 120 ekor.”
Permintaan pasar untuk daging kerbau dan sapi itu, ungkapnya lanjut, dipenuhi dari pemotongan oleh rumah pemotongan hewan (RPH) yang ada di Kudus, dengan produksi 150-200 kilogram daging per ekor. (13 ekor per RPH). “Selain disalurkan ke pasar-pasar, juga dikirimkan ke sejumlah loket-loket yang tersebar di beberapa tempat di Kabupaten Kudus.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :