Jelang Ramadhan Harga Sejumlah Kebutuhan Mulai Merambat Naik

oleh -938 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Menjelang bulan puasa ramadhan tahun ini, harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Bitingan Kudus terpantau merayap naik. Kenaikan harga barang juga diikuti dengan jumlah ketersediaan yang menipis.

Bawang putih dibanderol dengan harga Rp55.000 per kilogram sedangkan bawang merah Rp28.000 pe kilogram, lebih mahaldari sebelumnya. Cabe rawit yang sempat naik kini mulai stabil di harga Rp44.000 per kilogram. Sedangkan sayuran segara masih relatif normal.

Sementara itu, telur ayam naik seharga Rp21.000 per kilogram. Yitno, pedagang pasar yang sama, mengatakan kenaikan yang terjadi berkisar Rp500 per hari. Ia memprediksi kenaikan ini akan stagnan terjadi hingga puncaknya pada perayaan Idul Fitri nanti. Sementara minyak goreng tetap di harga sama meskipun relatif stoknya berkurang, Jumat (20/5/17).

Untuk harga jual gula pasir sebesar Rp12.500,00 per kilogram dan minyak goreng curah Rp12 ribu/kg, daging sapi antara Rp100 ribu dan Rp110 ribu/kg, dan daging ayam Rp30 ribu/kg. “harga komoditas daging sapi di pasaran sebesar Rp110.000/kg masih wajar karena harga jual karkas sapi hidup sudah mencapai Rp45 ribu/ekornya, Apalagi daging sapi tersebut merupakan daging sapi lokal,” tuturnya.

Yang paling menjadi sorotan adalah harga jual bawang putih ini menjadi catatan tersendiri karena sebelumnya dijual Rp28 ribu/kg, kemudian naik menjadi Rp60 ribu/kg, dan kini turun menjadi Rp55 ribu/kg.

Kenaikan juga dialami komoditas ayam kampung, menjadi Rp60.000 per kilogram, naik Rp10.000 dari harga normal. Menurutnya, kenaikan ini disebabkan banyaknya perayaan dan acara yang diselenggarakan warga jelang puasa beberapa waktu belakangan.

Ayam potong saat ini sudah mencapai harga Rp30.000 perkilogram atau alami penaikan Rp2.000,00 menjadi Rp30 ribu/kg Ia memprediksi harganya akan terus naik hingga berkisar Rp35.000 jelang Idul Fitri mendatang. Adapun, daging sapi masih dibandrol dengan harga yang relatif normal yakni Rp110.000 per kilogram.

Sementara itu menurut Kepala Bidang (Kabid) Fasilitas Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan (Disdag) Kudus, Imam Prayitno, menyampaikan, “harga kebutuhan pokok di secara umum masih relatif stabil, dan belum terlihat ada lonjakan yang mencolok, kecuali satu komoditas yaitu bawang putih, karena pasokannya masih mencukupi. Namun demikian, jelang puasa mendatang dimungkinkan akan terjadi kenaikan harga akibat peningkatan permintaan,” ujarnya. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :