Jemaat GKJ Kudus Daftar Online untuk Bisa Ikuti Misa Natal

oleh -349 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Perayaan Natal menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Kristiani di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Momen natal menjadi peringatan untuk menebar cinta dan kasih terhadap Tuhan dan sesama manusia di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat.

Berbeda dari biasanya, perayaan Natal tahun 2020 digelar di tengah situasi pandemi Covid-19. Tentu, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan sesuai ketentuan pencegahan Covid-19.

Seperti halnya Perayaan Misa Natal tatap muka di Gereja Kristen Jawa Kudus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap jemaat yang ingin mengikuti ibadah Natal sebelumnya mendaftarkan diri secara online.

“Kita terapkan protokol kesehatan dan pembatasan jemaat yang hadir, penyemprotan disinfektan dilakukan malam dan usai ibadah. Selain itu, Pendaftaran secara online melalui link,” kata Untung, Ketua Majelis di Gereja Kristen Jawa Kudus, Jumat (25/12/2020).

Ibadah Natal dimulai pukul 08.30 WIB dan disiarkan secara Live Streaming melalui Kanal YouTube GKJ Kudus. Dalam Misa kali ini dipimpin pengkhotbah Pdt. DR. Simon Julianto, S.th., M.Si. dari GKJ Boyolali Jateng.

Biasanya perayaan Natal (tahun lalu) bisa dihadiri 500 orang tapi disini hanya melayani 40 jemaat, “Jumlah tersebut dibatasi karena pandemi sesuai arahan Plt Bupati Kudus HM Hartopo,” paparnya.

Dari awal pandemi bulan maret, baru bulan oktober ada ibadah tatap muka, “Untuk persembahan natal tahun ini, kita menggunakan Qris, kita tidak ada persembahan berupa uang tunai, melainkan non tunai. Untuk perjamuannya juga memakai tempat yang sekali pakai,” jelasnya.

Adapun tema Natal tahun 2020 adalah ‘Mereka Akan Menamakannya Immanuel’ sebagaimana diambil dari Matius 1:23.

Kutipan tema Natal 2020 ini merupakan pesan yang disampaikan malaikat ketika menampakkan diri kepada Yusuf yang saat itu berencana memutuskan Maria secara diam-diam setelah mengetahui tunangannya mengandung.

Peristiwa tersebut diharap bisa mengingatkan orang Kristen tentang penggenapan nubuatan akan kedatangan sang Mesias yang dalam Perjanjian Lama banyak disampaikan oleh para nabi.

Walaupun masih berjuang menghadapi pandemi, termasuk ketika gereja-gereja masih menutup pintu untuk ibadah secara langsung, perayaan Natal 2020 diharap tetap bisa berlangsung dengan sukacita dan penuh harapan (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :