Kades Suwaduk Bagas Darmawan menyerahkan bingkisan kepada Mbah Palil, juru kunci punden Desa Suwaduk

oleh

PATI, ISKNEWS.COM – Desa Suwaduk Kecamatan Wedarijaksa Pati belakangan ini menjadi sorotan berbagai fihak. Mulai dari kendaraan dinas yang kedapatan berada di garasi salah sebuah salon dalam sebuah operasi yang dilakukan Satpol PP Pati, dan berbagai permasalahan yang terjadi di desa tersebut.

Desa yang akan melangsungkan pemilihan kepala desa (Pilkades) pada Desember tahun ini, saat ini dipegang oleh Pejabat (Pj) Kepala Desa, Bagas Darmawan sejak 20 Juni lalu. Masa jabatan sebagai Pj Kades yang hanya beberapa bulan ini sepertinya dimanfaatkan untuk berbenah, merangkul semua lapisan dan tokoh masyarakat.Hal itu tercermin dalam rangkaian kegiatan sedekah bumi desa setempat. Menurutnya, sedekah bumi di desa tersebut selama ini kurang diperhatikan.

Pj Kades Suwaduk Bagas Darmawan (mengenakan jaket-red) usai menyerahkan bingkisan kepada Mbah Palil, juru kunci punden Desa Suwaduk, beberapa waktu lalu. (ivan nugraha)

Padahal sedekah bumi ini, bagi masyarakat setempat, merupakan momentum penting untuk merekatkan persaudaraan dan mewujudkan rasa syukur.“Namanya sedekah bumi yang dulunya pas waktu kades ibarat kurang dipikirkan, untuk tahun in berhubung saya ditugasi Bapak Bupati menjadi Pj Kades, saya menginginkan acara bisa meriah. Pokoknya masyarakat kita buat senang. Sedekah bumi ini kan merupakan pesta rakyat Suwaduk,” terangnya saat ditemui beberapa waktu lalu.

TRENDING :  Banjir Di Pati Memakan Korban
TRENDING :  Krisis Air Bersih Kondisi Air Tanah Di Pati Selatan Semakin Menipis

Rangkaian kegiatan sedekah bumi di Desa Suwaduk selain diisi dengan kegiatan yang melibatkan seluruh elemen masyarakat, seperti PKK dan Karang taruna, pemerintah desa juga memberikan bingkisan tanda terima kasih kepada juru kunci punden desa.“Dalam masa jabatan yang hanya beberapa bulan ini saya berharap bisa membawa iklim positif di Suwaduk. Setidaknya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa mulai kembali terbangun,” ujarnya.

TRENDING :  Truk Isuzu dan Mitsubishi Adu Kuat di Jalan Raya Pati-Kudus

Terkait iklim politik di Suwaduk yang akan melaksanakan pilkades, Bagas meminta kepada masyarakatnya agar tetap menjaga suasana kondusif, tidak mudah terprovokasi dan tetap menjaga kerukunan.“Harapan saya, jangan sampai masyarakat terpengaruh oleh suara-suara pihak yang ingin membuat gaduh atau mengadu domba. Tetap jaga kondusif itas desa. Kita buat pilkades aman, nyaman, lancar sehingga bisa terpilih kades yang baik untuk desa Suwaduk dan bisa ngayomi masyarakatnya,” pungkasnya. ( IN )

KOMENTAR SEDULUR ISK :