Kakanwil Kemenag : Bekali Anak Dengan Kompetensi Hingga Siap hadapi Kompetisi

oleh -902 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Saat ini ada sedikit kekhawatiran akan nasib kader bangsa 10 atau 20 tahun kedepan mengingat tantangan dan ancaman yang besar. Demikian di ungkapkan Ahmadi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah saat   memberikan sambutan pembinaan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kudus saat menyelenggarakan Sosialisasi Hasil Belajar Siswa sekaligus pelepasan siswa kelas XII, (05/05).

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Ketua Komite MAN 2 Kudus dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kudus. Selanjutnya Ahmadi mengajak untuk menyiapkan 3 hal. 1) menyiapkan anak anak menjadi anak yang memiliki karakter akhlakul karimah yang memiliki kejujuran, kepedulian, dan optimis. 2) Anak-anak kita disiapkan memiliki kemampuan literasi yang baik. Anak-anak tidak lagi hanya menerima ilmu pengetahuan tetapi diarahkan untuk menciptakan sesuatu. 3) Anak-anak memiliki kompetensi yang tinggi sehingga siap menghadapi kompetisi yang semakin berat.

Menurut Rif’an, Kepala MAN 2 Kudus, pada tahun ini kegiatan penguasaan siswa kelas XII tidak diselenggarakan  di madrasah karena gedung yang dimiliki tidak mampu menampung seniman banyak orang. “368 murid kelas XII hadir bersama orang tuanya,” kata Rif’an. Untuk itu digunakan gedung JHK (Jamiyyatul Hujjaj Kudus) sebagai tempat pelaksanaan wisuda.

Pada kesempatan tersebut ditampilkan peragaan busana muslimah hal karya rancangan siswa program ketrampilan tata busana. Lebih dari 20 busana muslimah yang anggun dan cantik rancangan siswa kelas XII diperagakan oleh para murid di panggung.

Kakanwil menyampaikan apresiasi atas prestasi karya siswa dan berbagai penghargaan yang telah diperoleh. Keberhasilan anak anak diawali keberhasilan pendidikan orang tua dalam keluarga. “Orang tua menjadi penentu keberhasilan anak,” kata Ahmadi. Kompetensi yang tinggi yang dimiliki para tenaga pendidik menjadi penentu keberhasilan pendidikan di madrasah. Yang paling penting adalah motivasi siswa untuk maju, ditambah dengan senat komite madrasah untuk memajukan pendidikan.

Kakanwil menyampaikan terima kasih kepada tenaga pendidik dan kependidikan serta komite madrasah atas jerih payah dan usaha yang keras untuk memajukan pendidikan di MAN 2 Kudus.

Usai menyampaikan sambutan pembinaan oleh Kakanwil, acara ditutup doa yang dipimpin oleh Sekretaris Komite MAN 2 Kudus, Noor Badi. (HJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :