Kampung Ramadhan Gondosari Kudus Digelar 1-5 April, ada Bazar Sembako Murah, UMKM dan Show Kreatifitas Anak

oleh -1,097 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Gondosari Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus Kembali menggelar Kampung Ramadhan untuk yang ketiga kalinya. Acara tersebut berlokasi di Balai Desa setempat, selama lima hari dari tanggal 1-5 April 2024 dari pukul 15.00 hingga menjelang berbuka puasa.

Kampung Ramadan ini diinisiasai Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mutiara Desa bekerjasama dengan anggota dari pemuda Karang Taruna dan didukung oleh Pemdes gondosari.

Nandar, selaku panitia acara mengatakan, dengan adanya kampung Ramadhan kali ini, panitia ingin menyediakan tempat untuk warga bisa ngabuburit menikmati sajian penampilan seni anak-anak sambil membeli dagangan para UMKM,

“Buat warga Gebog silahkan dating untuk ngabuburit menikmati hiburan penampilan seni dari anak-anak, serta sekalian ngelarisi dagangan-dagangan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM),” kata Nandar.

“Pertunjukan kami siapkan di panggung, silahkan datang ke sini dan nikmati suasana Kampung Ramadan Desa Gondosari ini,” pungkasnya.

Camat Gebog Fariq Musthofa, yang turut hadir dalam pembukaan kampung Ramadhan sangat mengapresiasi,

“Kami sangat mengapresiasi gelaran Kampung Ramadhan yang ketiga kalinya, dimana tempatnya berbeda dari dua tahun sebelumnya, yakni di selatan kantor kecamatan dan tahun ini dengan kondisi cuaca dialihkan di halaman Pemdes Gondosari,

Kami harapkan event ini bisa menjadi pioneer desa lainnya, bagaimana masyarakat tau potensi tiap Desa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kades Gondosari, Alia Himawati mengaku dari awal penyelenggaraan sangat mendukung, terlebih tendensinya adalah untuk ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan UMKM asli Gondosari,

“Dulu awalnya tahun 2022, yang dirintis oleh teman-teman Pokdarwis dan Karang Taruna,  waktu itu langsung saya dukung dan berharap ini menjadi event tahunan untuk mengenalkan potensi dari Desa Gondosari,” harapnya.

Diketahui, Gondosari saat ini berstatus rintisan Desa Wisata, dan terus berbenah untuk menuju Desa wisata yang bisa diandalkan dan mempunyai potensi daya tarik wisata kedepannya,

“Alhamdulillah tahun 2022, Gondosari menerima Bantuan Gubernur (Bangub) senilai Rp100 juta, waktu itu untuk membeli ATV dan pengembangan Hidroponik, lalu pada tahun ini (2024) mendapatkan lagi Bangub senilai Rp100 juta untuk pengembangan desa wisata,” terangnya.

Sementara warga setempat, Dita mengaku cukup senang dengan kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Ya sebagai warga senang dengan adanya event Kampung Ramadhan, alasannya simple dekat dari rumah dan tidak usah jauh-jauh ke Kota untuk isi waktu menjelang berbuka atau Ngabuburit” ucapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :