Kantor Satuan kerja Pengamanan Sumberdaya Kelautan dan perikakan Juana digruduk Nelayan

oleh -925 kali dibaca

Pati,isknews.com – Sejumlah nelayan menggelar aksi di halaman Kantor Satuan Kerja Pengamanan Sumberdaya Kelautan da535320_799445690187408_6624486207808858617_nn Derikanan Juana, Rabu Pagi (23/03). Dalam aksi tersebut nelayan menyampaikan aspirasinya mengenai tidak diberikannya izin berlayar untuk nelayan cantrang.

Hal tersebut dilakukan jika tidak mau mengganti alat tanggkap ikan,namun aturan tersebut dianggap memberatkan nelayan cantrang dan dianggap tidak berpihak kepada nelayan kecil,pasalnya nelayan butuh sosialisasi dan pembinaan dari pihak pemerintah terkait hal tersebut.Nelayan berharap agar bisa duduk bersama untuk mencari solusi agar dapat memecahkan permasalahan ini.

Selain itu nelayan yang menggelar aksi tersebut juga menyampaikan kepada pihak terkait untuk dapat memberikan kebijakan kepada beberapa nelayan yang tertangkap di perairan Banjarmasin beberapa waktu yang lalu, karena nelayan yang tertangkap beberapa diantaranya warga dari Pati dan saat ini masih meringkuk di dalam dinginya jeruji besi.

Akirnya aksi nelayan bubar setelah Pimpinan Kantor Satuan Kerja Pengamanan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Junana menandatangani surat pernyataan yang berisi 2 bentuk penolakan nelayan cantang yaitu, nelayan canrang keberatan jika untuk beralih alat tangkap ikan dan para awak nahkoda nelayan cantrang serta pemilik kaberatan jika untuk menandatangani surat pernyataan.

Dalam aksi tersebut Ketua Kordinator Nelayan Jawa Tengah Hadi Sutrisno. Kepada ISKNEWS.COM LINTAS PATI ia mengatakan.

“Nelayan bukan pencuri atau perampok tolong jangan dikriminalisasi, berikan solusi terbaik kepada nelayan kecil ini jangan main tangkap saja kasihan mereka juga mencari makan untuk anak isri mereka dirumah, dalam hal ini pemerintah harus bijak apa lagi menurut kesepakan bersama batas waktu masa transisi yang di sepakati oleh nelayan cantrang mengenai aturan alat tangkap berakir di bulan Desember 2016.” Pungkas Hadi.

Tak hanya itu Pimpinan Kantor Pengamanan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Juana juga angkat bicara menanggapai aksi sejumlah nelayan cantang yang ada dihalaman kantornya tersebut.

“Pihak kami akan memfasilitasi para nelayan pada khususnya nelayan di Juana ini, kita akan mencarikan solusi terbaik agar tidak ada lagi terjadi miss komunikasi di lapangan.” Tandas Didik pimpinan kantor Pengamanan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Juana kepada ISKNEWS.COM LINTA PATI.

WIBAWA_JAROT‬.

KOMENTAR SEDULUR ISK :