Keberadaan Resi Gudang di Kudus Siap Difungsikan Sambut Musim Panen Padi

oleh -394 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti berharap program resi gudang bisa dioperasikan saat musim panen tanaman padi, Hal itu dikarenakan Kabupaten Kudus sudah ada pengelola resi gudang sesuai rekomendasi dari Badan Pengawas Perdagangan Komoditi (Bappebti).

“Dari tiga profil pengelola resi gudang yang menawarkan diri untuk mengelola dua gudang di Kudus, akhirnya yang diterpilih PT Atma Jaya dari Bekasi,” katanya kepada awak media, Rabu (14/4/2021).

Perusahaan tersebut, kata dia, juga sudah memiliki sertifikat sebagai pengelola program resi gudang karena sudah diverifikasi oleh pihak Kementerian Perdagangan melalui Bappebti.

Dijelaskannya, Sistem Resi Gudang bertujuan supaya stabilitas harga komoditas akan lebih terjaga dan pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan bagi para petani.

Terkait dengan komoditas yang bisa diikutkan dalam program resi gudang, sesuai aturan yang terbaru bertambah menjadi 18 komoditas. Antara lain gabah, beras, jagung, kopi, kakao, lada, karet, rumput laut, rotan, garam, gambir, teh, kopra, timah, bawang merah, ikan, pala dan ayam.

“Karena tujuan program resi gudang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani melalui penyimpanan hasil panen. Untuk mendukung program resi gudang di Kudus terdapat dua gudang yang dibangun tahun 2009, yakni di Desa Medini (Kecamatan Undaan) dan Desa Klaling (Kecamatan Jekulo), dengan kapasitas masing-masing gudang sekitar 1.500 ton,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :