Kelulusan SMP di Kudus Diumumkan Secara Daring dan Serentak

oleh -781 kali dibaca
Kepala SMP 2 Kudus Sujarwo saat menjelaskan sistem pengumuman kelulusan lewat Whatsapp Gateway. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Pengumuman kelulusan siswa kelas IX SMP dan Mts di Kudus dilakukan secara daring dan serentak, Jumat (4/6/2021) sore.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Harjuna Widada mengatakan bahwa pihaknya sebelumnya telah memberikan SE (surat edaran) kepada pihak sekolah agar supaya siswa tidak melakukan euphoria perayaan kelulusan, karena masih dalam situasi pandemi.

Pihaknya juga sudah melayangkan surat ke Polres Kudus pemberitahuan adanya pengumuman kelulusan online hari ini.

Sementara hasil pantauan kegiatan pengumuman sekolahan secara daring di sejumlah SMP berjalan dengan lancar. Semua siswa kelas IX di Kudus juga dinyatakan seluruhnya lulus.

“Kami monitoring SMP 1 Jekulo, SMP 1 Kudus, SMP 3 Bae, SMP 4 Kudus, SMP 2 Jati dan SMP 2 Kudus semuanya lancar. Teknisnya berbeda-beda sesuai kebijakan sekolah, tapi semuanya berjalan online. Semua siswa SMP lulus 100 persen,” tutur Harjuna.

Sementara Kepala SMP 2 Kudus Sujarwo mengatakan, 254 siswanya bisa mengakses pengumuman kelulusan melalui WhatsApp gateway. Selain itu salinan surat keterangan lulus (SKL) atau surat keterangan rapor (SKR) juga dikirim melaui link.

“Dimulai pukul 16.00 WIB tadi, siswa sudah bisa mengakses pengumuman kelulusan, salinan SKL dan juga SKR. Siswa kelas IX di SMP 2 Kudus lulus semua” ujarnya.

Sedangkan, berkas-berkas asli, lanjut Sujarwo, nantinya akan dibagikan secara bertahap dengan protokol kesehatan ketat di masing-masing sekolahan mulai Senin (7/6/2021) besok. Kami hadirkan orang tua/wali siswa bertahap dengan ruangan yang terpisah.

“Karena menghindari kerumunan dibuat bertahap, prosesnya harus sangat ketat dan harus diambil orang tua. Karena berkas itu sangat penting untuk mendaftar ke jenjang sekolah selanjutnya,” paparnya. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :