Kemenkumham Jateng Bersama Damkar Semarang Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran

oleh -138 kali dibaca
Dok. Kemenkumham Jateng

Jateng, isknews.com – Pentingnya pencegahan dan penanganan terjadinya kebakaran di lingkungan perkantoran mendapat perhatian khusus dari Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin melalui Kepala Divisi Administrasi, Jusman mengatakan pentingnya menjaga keamanan kantor dari potensi timbulnya kebakaran.

Ia berpendapat bahwa seluruh pegawai harus berkomitmen untuk menjaga keamanan kantor serta barang-barang milik negara dari bahaya kebakaran. Hal itu menurutnya merupakan salah satu mitigasi risiko dan rencana kontijensi yang diterapkan.

Jusman menyampaikan itu saat Kanwil Kemenkumham Jateng mendapatkan kesempatan untuk memperoleh ilmu penanganan kebakaran dari tim Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Jumat (11/03).

“Saya apresiasi kegiatan pelatihan ini bagi security, PPNPN, bahkan pegawai,” tutur Kadivmin.

Selain melindungi berkas-berkas penting yang ada di lingkungan perkantoran, instalasi listrik juga perlu dilakukan pengecekan secara berkala guna mencegah terjadinya lalapan api.

“Bagi Kanwil dan UPT memang terkait dengan instalasi listrik sudah lama, untuk kegiatan ini memang perlu dilakukan untuk tindakan kontijensi sesuai arahan Sekjen. Karena kita ketahui banyak sekali berkas-berkas penting di dalamnya,” jelas Jusman menjabarkan.

Tim Damkar yang berjumlah 3 (tiga) orang yang dipimpin oleh Feri Budi Nugroho mengawali pelatihan dengan menjelaskan beberapa faktor penyebab dan apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran di lingkungan sekitar.

Selanjutnya tim Damkar juga melakukan praktek pemadaman kebakaran dengan berbagai metode yang juga dipraktekkan langsung oleh Kadivmin serta pegawai, PPNPN, dan security yang mengikuti pelatihan.

Turut serta mendampingi Kadivmin dalam kegiatan ini Kepala Bagian Program dan Humas, Budhiarso Widhyarsono, serta Kasubbag Kepegawaian, TU, & Rumah Tangga, Meivita Dewi Widyastuti. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :