Kemenparekraf Gandeng Desa Wisata di Kudus Bantu Percepatan Vaksinasi

oleh -357 kali dibaca
Bupati Kudus bersama jajarannya saat mengunjungi Mobil vaksinasi dari Kemenparekraf

Kudus, isknews.com – Dalam rangka mempercepat vaksinasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan roadshow vaksinasi Covid-19 di berbagai daerah, salah satu diantaranya menyambangi salah satu desa wisata di Kabupaten Kudus.

Kegiatan vaksinasi itu, dilakukan di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kudus, pada Sabtu (27/11/2021).

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus Mutrika mengatakan bahwa tujuan dari vaksinasi keliling desa wisata itu sendiri, kata Tika, adalah untuk menjamin kondisi desa wisata agar aman dari Covid-19. Oleh karena itulah penduduknya didorong untuk vaksinasi. “Sehingga ketika mereka menjadi tuan rumah yang baik untuk wisatawan yang berkunjung ya,” ujarnya.

Bedanya dari vaksinasi pada umumnya, Kemenparekraf memberikan cinderamata untuk para penduduk desa wisata yang divaksin. Selain itu, pihak kementerian juga menghadirkan live music di sudut vaksinasi.

“Ini program dari kementerian, di mana mereka ingin membantu percepatan vaksinasi untuk desa wisata, salah satunya di Desa Kaliwungu ini,” kata, Sabtu (27/11/2021).

Mobil vaksinasi keliling milik kementerian sendiri, lanjut dia, hanya akan sehari di Kabupaten Kudus. Untuk kemudian melakukan perjalanan kembali ke desa wisata lainnya yang ada di Jawa Tengah.

“Ini masing-masing provinsi sepertinya dijadwalkan enam kabupaten dan Kudus jadi yang salah satunya di Jawa Tengah,” rincinya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya vaksinasi di desa wisata di Kudus ini, perekonomian utamanya di desa wisata bisa segera pulih.

“Hanya kami tetap harapkan mereka mau mematuhi penerapan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan mengatur kerumunan di obyek wisata,” pungkasnya.

Sementara Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan Percepatan vaksinasi di Kudus pun dilakukan di berbagai wilayah maupun secara mobile.

Selain dari pemerintah kecamatan, terdapat mobil vaksin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Hartopo menyampaikan mobil vaksin telah berkeliling di berbagai wilayah di Kudus. Diharapkan kolaborasi yang baik tersebut akan mempercepat herd immunity serta pemulihan dari masa pandemi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kemenparekraf yang bersinergi dalam percepatan vaksinasi di Kudus. Program ini sangat bermanfaat untuk menjangkau masyarakat hingga ke pelosok,” ucapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :