Kenali Potensi Lokal, Pusaka Kudus Tour UMKM Jalur Mutiara dan Emas

oleh -195 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Penggiat Usaha Satuan Karya Nusantara (PUSAKA) Kabupaten Kudus mengadakan perjalanan wisata UMKM jalur mutiara dan emas. Hal itu sebagai upaya untuk mendekatkan antar personal pelaku UMKM dan sekaligus mengenalkan wisata kearifan lokal yang ada di Kudus.

“Terkadang kita sudah kemana-mana namun belum mengenali kekayaan UMKM dan wisata yang ada di Kabupaten sendiri,” jelas Rubiyanti, Ketua PUSAKA Kudus, Minggu (15/11/2020).

Dengan naik Bus, puluhan orang yang terdiri dari masyarakat Kudus dan sekitarnya itu terlihat sangat antusias. Bahkan dari mereka ada yang bilang jika baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat yang baru. padahal masih di Kabupaten Kudus.

Dikatakan Rubiyanti, sebelum ke tempat tujuan, peserta registrasi ulang di tempat sekretariat PUSAKA, juragan jipang pojok kreatif Desa Pedawang.

Wisata pendidikan Omah Gebyok Prambatan kudus menjadi tujuan pertama, di pandu langsung oleh Duta Wisata kab Kudus 2019, Ainun Mufidah.

Belajar tentang garnis dan membuat nasi Bento, satu setengah jam lumayan untuk mendapat ilmu yang sangat luar biasa di pandu sang owner Feriana, dilanjut dengan perjalanan menuju Je-Tunix, eco print di karangmalang dibawah pimpinan Ibu Yuni Karnawati.

Pembelajaran tentang tehnik Ponding…daun/bunga dari tempat sekitar..di ketuk-ketuk pakai palu kayu, sampai warna tumbuhan tadi berpindah ke bahan dasar kain, “Pembelajaran selama 1.5 jam ini di tutup dengan acara fashin show bersama Duta wisata Kabupaten Kudus 2019, Ainun Mufidah,” jelasnya.

Tujuan selanjutnya jelajah alam di Desa Menawan Gebog Kudus, transit pertama di Balai Desa, kemudian ke Sendang Widodari yang disambut dengan tarian genjreng khas setempat, lalu, kata Rubiyanti, melanjutkan perjalanan ke Bumi Perkemahan Abiyoso untuk melihat pertunjukan munggah ondho (naik tangga) yang dimainkan penduduk setempat. Yakni seni menaiki tangga dengan dikombinaskani dengan atraksi.

Rubiyanti berharap jika Tour UMKM membawa manfaat bagi peserta, dan penduduk setempat yang disinggahi supaya lebih dikenal luas, “Dengan kegiatan ini, diharapkan membuka cakrawal apandang peserta Tour UMKM akan pengenalan kekayaan potensi daerah di Kabupaten Kudus,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :