Kenalkan Mesin Rice Transplanter, Lebih Efisien dan Cepat

oleh -293 kali dibaca
Foto Dokumentasi Dispertan Pangan Kudus

Kudus, isknews.com -Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus melalui Penyuluh Pertanian mengajak petani terkait mekanisasi pertanian. Penggunaan mesin Rice Transplanter telah diperkenalkan.

“Bila saat panen sudah menggunakan combine Harvester, maka ketika penanaman memakai rice transplanter,” kata  Kepala Dispertan Pangan Kudus, Sunardi, Rabu (4/8/2021).

Ia menjelaskan, Combine harvester adalah salah satu tipe mesin panen yang kegiatan memotong, memegang, merontok dan membersihkan dilakukan sekaligus. Mesin combine harvester dioperasikan oleh dua orang operator, satu operator bertugas untuk mengendalikan mesin combine harvester, operator yang lain bertugas memegang karung pada saat memasukkan gabah ke dalam karung.

Sedangkan Rice transplanter merupakan alat penanam bibit padi dengan jumlah, kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang dapat diseragamkan.

DImulai dari Penyuluh pertanian BPP Kecamatan Mejobo Wilayah Binaan desa Tenggeles pada poktan Tani Makmur. Dengan menggunakan mesin diharapkan bisa mengurangi biaya produksi tanam dan waktu lebih cepat. Maka pengeluarkan petani menjadi lebih efisien. Kemudian penyuluh dilanjutkan dengan monitoring luas tanaman padi di hamparan desa Hadiwarno.  

Sedangkan Penyuluh pertanian lainnya, pada wilayah Kecamatan Jekulo hadir pada hamparan padi poktan Sidomumbul Desa Honggosoco yang sudah berumur 30 HST. Kemudian penyuluh pertanian Bambang Supriyanto berdiskusi akrab dengan petani poktan Makmur jaya Desa Hadipolo

Pada Kudus wilayah Barat, penyuluh pertanian BPP Kecamatan Kaliwungu melalukan monitoring tanaman padi di hamparan poktan Sumber Makmur desa Kedungdowo. Perkembangan tanaman sudah baik yakni berumur 42 HST mulai keluar malai.

Semoga semua pertanaman padi yang dilakukan oleh petani tumbuh dengan baik tanpa kendala menuju panen dengan hasil maksimal. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :