Kenang Jasa Pahlawan, Komunitas Ontoseno Kudus Peringati HUT RI di eks Stasiun Wergu

oleh -448 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Komunitas Ontoseno yang merupakan perkumpulan sepeda tua dan antik di Kudus hari ini Selasa (17/8/2021) memperingati hari Kemerdekaan Indonesia melalaui berbagai agenda. Pelaksanaannya pun terbatas hanya diikuti 25 anggota dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua Ontoseno, Sancaka Dwi Supani mengatakan bahwa agenda yang dilaksanakan diantaranya pembacaan parade puisi, dan trisula Ontoseno. “Pada parade puisi ada dua judul yang dibacakan, yakni berjudul Aku karya Chairil Anwar dan Hari Keramat karya Basoeki Atmaja. Sedangkan Deklarasi Ontoseno berisi tiga janji. Selain itu juga menggelar upacara di Gedung Juang 45,” paparnya.

Hari ini, lanjut Supani, kita mengenang jasa pahlawan yang telah gugur dengan menggelar deklarasi. Dipilihnya tempat eks stasiun wergu wetan Kudus beralasan karena tempat tersebut memiliki cerita sejarah.

Supani menceritakan bahwa tempat tersebut sebagai saksi sejarah pertempuran antara pemuda dan Belanda dimana masih terlihat dari adanya beberapa lubang peluru yang terdapat di beberapa bagian kaca stasiun.
“Eks Stasiun sebagai saksi bisu masa itu, bangunan tahun 1880-an itu sebagai jasa transportasi kereta. Di sinilah dulu pemuda menghadang Belanda saat Agresi Militer Dua,”

Dalam deklarasi, “Intinya hidup harus bermanfaat bagi orang lain serta menjaga kesatuan Republik Indonesia. Kemudian yang kedua membantu pemerintah sosialisasi prokes, dan ketiga harus sadar berbangsa dan negara serta hormat kepada bendera merah putih,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :