Keren, Mahasiswa ini Olah Kopi Unfilter Pegunungan Muria jadi Aromaterapi

oleh -476 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Inovasi pemanfaatan kopi semakin banyak dikembangkan oleh berbagai kalangan. Selain rasanya, kopi juga memiliki efek yang menenangkan.

Hal tersebut lantaran menjadi inspirasi bagi mahasiswa UMK Kudus, yang mengkreasikan kopi unfilter jadi aromaterapi. Tentunya, dengan melakukan kerjasama dengan Pegunungan Muria untuk menciptakan aroma khas kopi Muria.

“Tidak semua biji kopi dipakai oleh petani. Karena itu, biji kopi yang tidak layak konsumsi tadi kami alihkan menjadi produk muria beruoa aromaterapi khas pegunungan muria,” ujar Mahasiswa UMK sekaligus pembuat Muria Arima Therapy, Imam Hafidz.

Bersama kedua temannya, Muhammad Taufiq dan Muhammad Ulil Albab, mengaku bahwa ide pembuatan aromaterapi berawal dari tugas kuliah. Kemudian, mulai mencoba produksi pada Juli 2021 kemarin.

Dirasa berhasil menciptakan aromaterapi dari biji kopi muria, Imam bersama kedua temannya pun mencoba memasarkan produknya pada Agustus 2021 kemarin.

“Kita pemasaran masih online, Alhamdulillah ada yang tertarik. Karena masih satu bulan, peminatnya masih dari teman-teman dekat saja,” katanya.

Untuk biji kopi yang digunakan, lanjut Imam, menggunakan kopi robusta yang dinilai tidak layak untuk konsumsi. Biji kopi yang dipakai pun, yang sudah diroasting oleh petaninya sekaligus.

Sementara itu, untuk pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara fermentasi selama 1-2 minggu. Bahan campuran yang digunakan untuk proses fermentasi, antara lain, methanol, alkohol, bibit kopi, dan ragi.

“Bibit kopi kita pakai dua jenis, yaitu black kopi dan cappucino,” sebutnya.

Imam juga menerangkan, takaran untuk setengah kilogram pembuatan kopi aromaterapi dicampur dengan komposisi 50 persen untuk bibit, 20 persen untuk methanol, dan 20 persen untuk alkohol, kemudian ragi secukupnya.

“Kita juga pernah gagal saat percobaan, seperti tidak keluar aromanya dan wadahnya mudah rusak. Kita juga pernah mencoba melakukan fermentasi kurang dari satu minggu dan itu kurang mantab aromanya. Jadi formula dengan fermentasi 1-2 minggu ini yang kita pakai,” terangnya.

Terkait manfaat dari kopi aromaterapi ini, Imam juga menyebutkan, diantara bisa meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, menghilangkan bau tidak sedap, dan menjadi lebih fresh.

“Ini ketahanannya bisa sampai satu sampai dua minggu. Bisa untuk pengharum ruangan, dicantolkan ke kipas angin, juga bisa untuk pengharum mobil,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :