Kesbangpol Kudus Jadi Instansi Vertikal, Djati Solehah : Sebagai PNS Saya Siap Di Tempatkan Di Mana Saja

oleh -1,197 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kantor Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Kudus mungkin tak akan lama lagi menjadi instansi vertikal, ditemui di tempat kerjanya, gedung sekretariat Daerah lantai dua (18/4), Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kudus, Djati Solechah menjelaskan, “Memang benar tak akan lama lagi Kantor Kesbangpol Kudus ini akan berubah menjadi instansi vertikal dibawah kendali kemendagri dalam hal ini ditjen PolPum, dengan tupoksi membantu tugas-tugas gubernur dan bupati sebagai pimpinan Forkompimda, di dalam menjalankan urusan pemerintahan umum”, jelasnya.

Djati Solehah, Perempuan yang biasa berada di tengah-tengah Demo dan dekat dengan kalangan aktifis dan LSM ini menambahkan,”Karena urusan pemerintahan umum menyangkut empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara tadi, maka harus orisinil dari pusat hingga daerah. Kan tak mungkin ideologi negara diberi warna berbeda-beda. Maka konsekuensinya, di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dibantu instansi vertikal (jajaran Kesbangpol, red),” beber mantan Camat Gebog tersebut.

“Tapi dalam melaksanakan tugas-tugasnya, kesbangpol ini nantinya tetap membantu gubernur dan bupati/walikota karena penanggung jawab pemerintahan provinsi tetap gubernur, kabupaten/kota tetap bupati/walikota,” imbuhnya lagi.

“Berkait dengan perubahan induk instansinya, Sebagai PNS saya siap dan tunduk pada perintah pimpinan, apakah saya akan menjadi pegawai vertikal atau tetap menjadi pegawai pemkab Kudus” katanya. Seperti diketahui bersama Djati Solehah selain sebagai Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Kudus, dirinya juga Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Dewn Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus.

Djati juga menambahkan “Dengan berada dalam satu garis di bawah kendali pusat, maka diharapkan ada respon cepat dari jajaran kesbangpol ketika terjadi konflik sosial misalnya. Yang perlu digarisbawahi, jajaran kesbangpol tidak menggunakan pendekatan keamanan di dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan umum dan yang paling penting Kesbangpol akan bertindak netral ketika terjadi pusaran konflik yang melibatkan pimpinan-pimpinan di wilayah kerjanya” pungkas Djati. (YM/ES)

KOMENTAR SEDULUR ISK :